Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (50)

Pejabat Tidak Boleh Kebal Kritik

Sabtu, 15 Juli 2023 05:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menasehati pejabat ­dengan maksud luhur sesuatu yang dianjurkan Rasulullah SAW. Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguh­nya Allah redha tiga hal ­untukmu, dan murka tiga hal untukmu. Allah redha untukmu untuk menyembahnya dan tidak mensekutukan-Nya, berpegang teguh kepada tali-Nya dan tidak bercerai-berai, dan ­engkau memberikan nasehat kepada siapa yang telah Allah amanahkan suatu tugas untuk urusanmu, dan Allah murka padamu dari perkataan ini dan itu, membuang harta, dan ­banyak bertanya/meminta.” (HR Baihaqi, Syuabu al-Iman, Jilid 6. halaman, 59).

Dalam hadis lain diriwayat­kan oleh Al-Nu’man bin Basyir memberitakan, Nabi bersabda: “Tiga hal dimana hati seorang Muslim tidak dengki, ikhlas ber­amal karena Allah, menasehati para penguasa, dan senantiasa bersama orang-orang muslim. Sesungguhnya ajakan atau dakwah mereka meliputi di belakang ­mereka”. Riwayat lain memberitakan Nabi bersabda melalui Riwa­yat Tami Addari, yang mengatakan: “Sesungguhnya agama itu adalah nasehat, se­sungguhnya agama itu adalah nasehat, sesungguhnya agama itu adalah nasehat”.

Baca juga : Rusli Effendi: Kami Berharap KIB Dalam Satu Barisan

Lalu ada yang bertanya: “Untuk siapa wahai baginda Nabi. Nabi mengatakan: “Untuk Allah, untuk kitab-Nya, untuk rasul-Nya, untuk para ulama/pemimpin orang-orang mukmin, dan untuk semuanya”. Ia berkata: Perkataan hak yang diucapkan  kepada seorang penguasa yang curang.

Dalam hadis lain dijelaskan, telah datang seorang lelaki kepada Nabi lalu bertanya kepadanya: Manakah jihad yang paling baik? Nabi berkata: Perkataan hak yang ditujukan kepada seorang penguasa yang curang/zalim. (HR Ahmad, al-Musnad, Jilid 4,  halaman. 314).

Baca juga : Jangan Mengkultuskan Pejabat

Berdasar pada hadis-hadis tersebut di atas, Allah redha terhadap hamba-Nya dengan tiga hal, 1) Allah redha dengan hanya menyembah kepadaNya dan tidak mensekutukan-Nya, 2) berpegang teguh kepada aturan-aturan-Nya dan tidak meremehkan atau mengabaikannya, 3) senantiasa memberikan nasehat kepada para pemimpin yang diberikan amanah untuk menangani urusan manusia. Sebaliknya Allah murka terhadap tiga hal, 1) perkataan yang tidak jelas kebenarannya sehingga menimbulkan prasangka yang tidak-tidak seperti menggunjing, hasud, iri hati, dan dengki, 2) membuang harta dengan hura-hura dan mubazir karena tidak mendatangkan manfaat, 3) serta banyak bertanya atau meminta dengan tidak mau berusaha dan bekerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.