Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (43)

Syarat-syarat Pemimpin (Imam)

Jumat, 7 Juli 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap ulama siyasah mempunyai kriteria dan syarat-syarat seorang pemimpin ideal.

Salah satu yang populer dan banyak dirujuk orang ialah pendapat Al-Mawardi. Menurutnya, syarat-syarat seorang pemimpin, termasuk Kepala Negara, sekaligus tugas dan fungsinya ada 10 hal.

Pertama, memelihara dan melindungi agama dari berbagai ancaman dan perlakuan tidak adil.

Kedua, menerapkan hukum secara adil guna melindungi semua pihak terutama kaum yang lemah.

Baca juga : Kontroversi Pandangan Politik Al-Mawardi

Berikutnya ketiga, melindungi HAM agar masyarakat merasa aman bekerja dan melaksanakan tugas kewajiban mereka.

Keempat, menegakkan hukum untuk melindungi hak-hak Tuhan dan hak-hak manusia untuk memperoleh perlindungan dan keamanan dari ancaman musuh.

Lalu kelima, melindungi keamanan dan keselamatan negara dari ancaman musuh.

Keenam, mengorganisir tuntutan jihad terhadap siapa saja yang menentang dakwah Islam sampai akhirnya menyerah dan tunduk kepada negara.

Baca juga : Kapan Formulasi Politik Islam Muncul?

Kemudian ketujuh, memungut pajak dan zakat yang telah ditetapkan syariah maupun penetapan lainnya yang dianggap diperlukan untuk kepentingan negara tanpa rasa takut dan tertekan.

Kedelapan, menetapkan anggaran belanja yang diperlukan dari kas bayt al-māl.

Selanjutnya kesembilan, mengangkat pejabat dan pembantu yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi pemerintahan.

Dan terakhir, kesepuluh, Imām haruslah aktif memimpin sendiri tugas-tugas dan tanggung jawab pemerintahan untuk memimpin umat dan melindungi agama, tidak boleh sekadar berfungsi sebagai simbol.

Baca juga : Pelajaran Politik Dari Ratu Balqis

Kesepuluh syarat kandidat seorang pemimpin ini masih relevan untuk dijadikan dasar pemikiran, khususnya bagi negara yang berpenduduk mayoritas muslim.

Kita menjadi kagum karena detail persyaratan itu diungkapkan ketika di negara atau wilayah di sekitarnya masih menganut pola kerajaan (dinasti).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.