Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teologi Lingkungan Hidup (11)

Mengenal Alam Malakut

Senin, 25 September 2023 05:41 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu jenis alam yang dikenal secara populer oleh umat Islam ialah kehi­du­pan di alam Malakut atau atau alam malaikat. Alam Malakut se­­sungguhnya sudah masuk wilayah alam gaib mutlak. Alam ini dihuni oleh ­para makhluk spiritual ­seperti para jin, malaikat, termasuk ­iblis.

Alam ini tidak bisa di­akses dengan panca indera atau ke­kuatan-kekuatan fisik manusia. Alam ini hanya bisa diakses oleh manusia jika mereka mampu menggunakan potensi lahut atau malakut yang dimilikinya.

Baca juga : Mengenal Alam Barzakh

Cara mengaksesnya ialah dengan jalan mukasyafah, yaitu penyingkapan hijab-hijab yang selama ini menyelimuti diri manusia karena faktor dosa dan pencemaran yang terjadi di da­lam diri manusia, se­hingga menyelubungi rohani atau kalbu manusia.

Tentu hal ini bisa di­capai manakala manusia melakukan upaya-upaya spiritual secara intensif (mujahadah). Alam malakut ini memiliki keistimewaan di banding alam-alam yang ada di bawahnya, karena alam ini sudah lebih de­kat dengan pusat wilayah sakral (wilayah al-Qudsiyyah) yang akan dibahas dalam artikel men­datang.

Baca juga : Mengenal Alam Semesta

Manusia dimungkinkan ­untuk mengakses alam ini jika sudah sampai pada maqam spiritual tertentu. Dalam sejarah Islam ada beberapa tokoh terkemuka yang sudah sampai kea lam ini. Bahkan nabi Muhammad SAW jauh telah melampaui alam ini.

Jika kita merujuk kepada pendapat Syekh Abduk Qadir Jailani yang membagi roh itu kepada empat tingkatan, maka semakin mudah kita memahami kemungkinan itu. Menurut ­Syhek Abdul Qadir Jailani dalam kitabnya Sirr al-Asrar, roh itu memiliki empat tingkatan, yaitu: Roh jasadi yang berinteraksi dengan alam Mulk; roh ruhani yang berinte­raksi dengan alam malakut; roh sulthani yang berinteraksi ­dengan alam Jabarut; dan roh al quds yang berinteraksi ­dengan alam lahut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.