Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (11)

Mengenal Alam Malakut

Senin, 25 September 2023 05:41 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Namun perlu diingatkan di sini bahwa kita sebagai hamba tidak boleh terkecoh oleh ­bayangan keindahan alam-alam di atas manusia. Jangan sampai kita lengah sehingga seolah-olah pencarian kita bukan lagi tertuju kepada ridha Allah semata melainkan sudah terkecoh oleh unsur-unsur kekeramatan. Semakin tinggi tingkat pen­carian seseorang semakin tinggi pula unsur pengecohnya, sebagaimana disebutkan dalam hadis qudsi:

“Wahai hamba-Ku, jika ­engkau ingin masuk ke wilayah kesakralan-Ku (Haramil Qudsiyah), maka jangan engkau tergoda oleh alam Mulk, alam Malakut, dan alam Jabarut; ­karana alam Mulk adalah syaitan bagi orang alim, alam Malakut, syaitan bagi orang arif, alam Jabarut syaitan bagi orang yang akan masuk ke alam Qudsiyah”.

Baca juga : Mengenal Alam Barzakh

Yang penting bagi manusia mengerjakan secara tulus, ­ikhlas, dan pasrah apapun ­perintah Tuhan dan meninggalkan segala rangannya maka ­dengan sen­dirinya manusia akan mendaki ke martabat spiritual lebih tinggi. Semakin bersih seseorang dari dosa semakin terbuka peluang untuk meng­akses alam gaib, termasuk alam gaib mutlaq, sebagaimana diisyaratkan dalam hadis Nabi: “Seandainya bukan karena setan menyelimuti jiwa anak cucu Adam maka niscaya mereka menyaksikan malaikat di langit”. (H.R. Ahmad).

Dengan demikian, tebal atau tipisnya alam gaib tidak sama bagi setiap orang. Ada orang yang alam gaibnya sangat tebal dan dan orang yang merupakan pilihan Tuhan alam gaibnya sudah sangat tipis bahkan sudah transparan.

Baca juga : Mengenal Alam Semesta

Para Nabi, khususnya Nabi Muhammad SAW sepertinya diberi kemampuan untuk mema­hami rahasia tuhan seluas-luas­nya karena sudah sampai ke alam puncak, Sidratil Mun­taha, ketika ia Isra’Mi’raj. Kita se­ba­gai umatnya juga diberi ­peluang melakukan mi’raj. Bukan­kah Nabi telah mengatakan: ­Al-Shalatu Mi’raj al-mu’minin (Shalat adalah mikrajnya orang-orang beriman). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.