Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (7)

Peringatan Al-Qur`an (1)

Rabu, 20 September 2023 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Al-Qur’an menegaskan bahwa kapasitas manusia di hadapan alam raya adalah sebagai khalifah: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.

Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.  (Q.S. Al-Baqarah/2:30).

Baca juga : Fenomena New Consciousnes (2)

Ayat ini menjadi isyarat penting bagi umat manusia bahwa selain dirinya sebagai khalifah atau penguasa di muka bumi juga kapasitasnya sebagai hamba (‘abid): Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (Q.S. Al-Dzariyat/51:56).

Bagi manusia, seharusnya alam ini dipandang sebagai sarana untuk mewujudkan dirinya sebagai khalifah yang baik dan sekaligus sebagai hamba yang taat. Alam diciptakan bukan untuk dieksploittasi berlebihan tetapi sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga : Alur Berfikir Logos

Pengelolaan alam semesta tidak boleh melampaui batas (israf): dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan (Q.S. Al-A’raf/7:31).

Sesungguhnya alam ini diciptakan Tuhan dengan tujuan yang mulia, sehingga ancaman malapetaka bisa terjadi jika terjadi mismanajmen alam semesta ini. Tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S. Ali ‘Imran/3:191).

Baca juga : Alur Berfikir Mitos

Sudah pasti segala sesuatu itu mempunyai manfaat dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Alam raya ini sesungguhnya tidak lain adalah saudara kembar manusia seba­gai sesama makhluk. Genetik mereka mempunyai sumber yang sama. Istilah benda mati hanya ada dalam kamus manusia. Bagi Tuhan tidak ada benda mati.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.