Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (14)

Mengenal Alam Mitsal (2)

Jumat, 29 September 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam literatur tasawuf, ternyata bukan hanya para Nabi yang dapat mengakses alam barzakh dengan alam mitsalnya, tetapi para wali (auliya’) dan orang-orang pilihan Tuhan lainnya. Dalam kata Jami’ Karamat al-Auliya’ karya Syekh Yusuf ibn Isma’il al-Nabhani (2 jilid), ia mengungkapkan tidak kurang dari 695 nama yang memiliki kemampuan khusus untuk mengakses alam mitsal yang ditandai dengan kemampuan mereka melakukan sesuatu yang bisa disebut dengan ‘perbuatan luar biasa’ (khariq li al-‘adah) atau karamah.

Ternyata banyak sekali di antara mereka yang dapat berkomunikasi aktif dengan Rasulullah SAW, antara lain Imam Al-Gazali dan Ibn ‘Arabi, sebagaimana diuraikan dalam artikel terdahulu.

Baca juga : Mengenal Alam Mitsal (1)

Jika Allah SWT menghendaki maka Ia akan memberi kemampuan kekasih-Nya untuk mengakses alam terjauh sekalipun, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya:

“(Dialah) yang Mahatinggi deratn-Nya, yang memilki ‘Arasy, yang menurunkan wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di anatara hamba-hamba-Nya, agar memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat). (Q.S. al-Mu’min/40:15).

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut

Alam mitsal merupakan dambaan para pencari Tuhan (salik/murid). Namun di sini perlu ditegaskan, jangan ada yang menjadikan alam mitsal sebagai tujuan. Mujahadah dan riyadhah semata-mata dilakukan untuk memohon ridha Allah SWT, bukan untuk mencapai karamah atau untuk mengakses alam mitsal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.