Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (31)

Asal-Usul Alam Semesta: Sebuah Pengantar

Minggu, 15 Oktober 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Begitu panjang dan rumitnya pembahasan tentang asal-usul, keberadaan, dan hakekat alam semesta, maka seorang ulama besar yakni Shadr al-Din Muhammad al-Syairazy, yang ­lebih dikenal dengan nama Mulla Sadra, menulis kitab sembilan jilid dengan judul ”Al-Hikmah al-Muta’aliyah fi al-Asfar al-’Aqliyyah al-Arba’ah”. Ulama lain juga banyak melakukan pembahasan secara mendalam tentang asal-usul dan hakekat alam semesta yang sangat menarik, antara lain Ibn ’Arabi dengan kitab monumentalnya ”Fushush al-Hikam” dan ”Futuhat al-Makkiyyah” (ada versi 4 jili dan ada versi 6 jilid). Tidak terkecuali juga Imam Al-Gazali yang amat populer di Indonesia yang dikenal sebagai tukoh referensi Islam (Hujjah al-Islam), khususnya bagi kaum ahlussunnah wal jama’ah.

Baca juga : Mencontoh Ketegasan Umar Ibn Abdul Aziz Terhadap Korupsi

Banyak lagi buku lain, termasuk pembahasan mendalam tentang ayat-ayat yang secara langsung berbicara tentang alam semesta, yang kebanyakannya ditulis dalam bentuk Tafsir Tematik (Tafsir al-Maudhu’i).

Baca juga : Frekuensi Pengulangan Rahman dan Rahim

Dalam kitab-kitab terakhir yang ditulis oleh para ulama kontemporer, semakin ­banyak lagi. Bahkan dilengkapi ­dengan kajian-kajian ilmiah yang amat mendalam. Di antara buku itu ialah ”Eslam va Mohit-e Zist” (bahasa Persia) yang kini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab: Al-Islam wa al-Bi’ah”, yang juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berjudul: Islam dan Lingkungan Hidup, Tinjauan Qur’an Holistik”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.