Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (37)

Asal Usul Alam Semesta: Air (2)

Minggu, 22 Oktober 2023 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Alam semesta secara keseluruhan ditundukkan kepada manusia guna mendukung kapasitasnya sebagai khalifah, sebagaimana dijelaskan dalam ayat: Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) -Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. (Q.S. Luqman/31:31)

Baca juga : Pemilu 2024: Geopolitik Indonesia Dalam Keadaan Waspada

Air sebagai ciptaan Tuhan yang memberi kehidupan terhadap makhluk biologis, bukan sebagai sumber dari segala sumber kejadian alam semesta sebagaimana dikatakan Thales. Redaksi yang digunakan Al-Qur’an tentang air Allah Swt menggunakan kata ja’ala (menciptakan dari bahan baku yang sudah ada), bukannya kata khalaqa (menciptakan ­se­suatu dari tiada), sebagaimana dapat dilihat dalam Q.S. Al-Anbiya’/21:30 di atas. Pengungkapan air di dalam Al-Qur’an lebih merupakan unsur penting untuk mendukung lenggengnya sebuah kehidupan di bumi. Air dikatakan sebagai faktor penting di dalam kebersihan: Dialah yang meniupkan ­angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum keda­tangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih. (Q.S. Al-Furqan/25:48).

Baca juga : Dinamika Pergeseran Geopolitik Ke Asia Timur

Kehadiran air tawar dan air asin tentu juga tentu sudah diperhitungkan kegunaannya masing-masing dalam kehidupan. Tegasnya air bukan sumber atau asal-usul alam semesta tetapi hanya sebagai pendukung langgengnya kehidupan alam semesta. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.