Dark/Light Mode

Geostrategi Sistem Pertahanan dan Bela Negara Indonesia

Kamis, 26 Oktober 2023 05:30 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia, dengan kekayaan budaya, keragaman etnis, dan alam yang menakjubkan, memiliki posisi geostrategis yang khas di kawasan Asia Tenggara. Lantas sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki tantangan dan peluang unik dalam menjaga kedaulatan dan keamanannya.

Untuk itu geostrategi sistem pertahanan, menjadi konsep yang memadukan faktor geografis, strategis, dan pertahanan dalam merancang strategi pertahanan nasional. Ini mencakup perencanaan, pengembangan, dan implementasi strategi pertahanan nasional, atau regional, yang didasarkan pada pemahaman mendalam tentang aspek geografis yang memengaruhi keamanan dan pertahanan suatu wilayah.

Baca juga : Pancasila Dalam Politik Luar Negeri

Hal yang juga harus diperhatikan adalah faktor geografis seperti lokasi geografis, batas negara, iklim, topografi, dan akses ke sumber daya alam. Ini dapat memengaruhi strategi pertahanan suatu negara. Peta geografis menjadi penting dalam menentukan bagaimana ke­kuatan militer harus ditempatkan, dan bagaimana rencana pertahanan harus disusun.

Dengan demikian melalui analisis geografis dan politik, negara dapat mengidentifikasi ancaman potensial. Serta mendeteksi dini tantangan keamanan yang bakal dihadapi. Ini dapat melibatkan negara-negara te­tangga yang bermusuhan, kelompok teroris, atau bahkan ancaman non-militer seperti krisis energi atau krisis ling­kungan. Untuk itu mengidentifikasi wilayah-wilayah yang kuat dan lemah dari sudut pandang pertahanan, menjadi hal sangat penting.

Baca juga : Asal Usul Alam Semesta: Air (2)

Selain itu, geostrategi sistem pertahanan dapat mencakup analisis sumber daya dan ekonomi, kebijakan luar negeri, dan perkembangan teknologi yang relevan dengan pertahanan dan keamanan negara. Hal ini adalah pendekatan holistik untuk memahami dan merencanakan pertahanan suatu negara dengan mempertimbangkan semua faktor geografis, politik, militer, dan ekonomi yang terlibat.

Dalam konteks ini, Bela ­Negara muncul sebagai ekspresi penting dari identitas nasional ­Indonesia yang menegaskan ­peran sentral warga negara dalam menjaga kedaulatan dan keberlanjutan negara. ­Dengan demikian jelas bahwa Bela ­Negara adalah konsep dalam konteks Indonesia yang ­mengacu pada tanggung jawab warga negara, untuk melindungi dan mempertahankan kedaulatan negara serta keamanan bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.