Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (42)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Mineral

Jumat, 27 Oktober 2023 05:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ini pelajaran penting bagi siapapun, bahwa batu yang begitu besar dan keras bisa dibentuk oleh tetesan air yang begitu lembut. Pepatah juga pernah mengatakan: “Ala bisa karena biasa”. Filosofi batu dan air ini merubah jalan hidup seseorang yang hampir fustrasi menjadi bangkit kembali, bahkan menyabet sejumlah prestasi gemilang dalam bidang keilmuan, khususnya ilmu-ilmu hadis.

Baca juga : Mengejutkan, Amran Sulaiman Mentan Lagi

Memang betul alam raya ini adalah ayat yang terhapar yang harus dibaca. Justru itulah yang paling pertama harus dibaca sebelum membaca lebih dalam tentang kitab suci Al-Qur’an. Bukankah ayat yang paling pertama Tuhan turunkan ialah Iqra’ (bacalah!). Tentu yang harus dibaca di situ oalah bukan Al-Qur’an karena belum turun. Yang harus dibaca pertama ialah ayat-ayat alam semesta, sebegaimana disebutkan dalam ayat: “Kami akan memperlihatkan ke­pada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu? “. (Q.S. Fushilat/41:53)

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Pengantar

Kasus lain, Nabi pernah memungut sejumlah butir pa­sir, lalu ditanyakan kepada sahabatnya, pernahkah kalian mendengarkan batu bertasbih? Dijawab para sahabat belum pernah. Lalu Nabi menyerahkan biji-biji pasir itu kepada sahabat. Kemudian satu persatu sahabat mendengarkan ada suara mirip suara lebah. Nabi menjawab itu bukan suara lebah tetapi bentuk ucapan tasbihnya pasir itu. Semuanya ini membuktikan bahwa alam semesta dan seluruh isinya semuanya hidup dan semuanya memiliki emosi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.