Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (46)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga

Rabu, 1 November 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Komunitas semut memiliki banyak keistimewaan tersendiri. Mereka konsisten menempuh garis perjalanan, tidak terpisah-pisah. Setiap kali berjumpa atau berpapasan satu sama lain ­mereka saling berciuman. Jika ada di antaranya yang sakit ­diangkut ramai-ramai di bawah ke sarang. Ahli biologi juga meng­ungkapkan solidaritas semut yang sangat tinggi. Setiapkali di antara mereka ­me­nemukan makanan maka setiap itu pula ­saling menyampaikan kepada kelompoknya lalu ­mereka makan berjamaah. Mereka juga tunduk kepada pimpinannya dan sebaliknya pimpinannya juga sangat ­sayang terhadap komunitasnya, se­bagaimana tergambar di dalam ayat di atas.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

Ini pelajaran besar dai ­makhluk kecil, bahwa kerja­sama, istiqamah, dan solidaritas telah ditunjukkan kepada semut. Kepemimpinan mereka sangat teratur sehingga satu sama lain memiliki kesetaraan. Pimpinannya juga tidak mau menang sendiri tetapi sama-­sama ­mereka mencari nafkah. Jika ada di ­antara mereka mendapatkan rezki tidak ­di­­ma­kan sebelum komunitas lainnya datang ­beramai-ramai. Berbeda sebagian manusia, dihabiskan sendiri baru memberitahu orang lain. 

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Tanaman

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 01 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (46), Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.