Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (48)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Lebah Madu

Kamis, 2 November 2023 01:03 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ratu bisa bertahan sampai tiga tahun, dan yang paling pendek umurnya ialah lebah kelas pekerja yang mencari madu. Ia juga menemukan kadar ­glucose dalam madu lebih aman dikonsumsi disbanding dengan gula jenis lain. Konon di jerman ada sebuah rumah sakit yang unsur pengobatannya dari lebah madu. Mulai dari madu, ­sarang lebah, sampai kepada sengatan lebahnya sendiri.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga

Yang paling menarik untuk dikaji ialah meng­apa serangga yang disebut dalam Al-Qurán adalah betina. Ternyata yang memimpin masyarakat lebah, seperti halnya masyarakat semut, ternyata adalah jenis betina (ratu). Bukan rahasia lagi bagi seseorang yang ingin beternak lebah, menjinakkan ratunya. Jika ratunya dijinakkan maka masyarakatnya yang lain akan mengikutinya. ­Dengan demikian memudahkan untuk diternakkan. Mungkin antara lain inilah rahasianya mengapa Allah SWT memberi nama salahsatu surah Al-Qurán dengan al-Nahl.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

Hubungan fungsional ­antara manusia dengan lebah tentu sangat efektif. Lebah memiliki emosi yang dapat mendeteksi orang-orang yang tidak mungkin mereka hianati. Lebah menyumbang sejumlah jenis obat, tetapi sebaliknya lalat yang menyerupai dirinya ­sangat tidak sesensitif jenis lebah madu.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Tanaman

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 02 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (48), Semua Benda Mempunyai Emosi: Lebah Madu"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.