Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Teologi Lingkungan Hidup (52)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung (2)

Selasa, 7 November 2023 00:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam penafsiran modern, termasuk dalam Tafsir Al-Manar karya Muhammad Abduh, kata tahiran ababil diartikan dengan serangga yang membawa firus mematikan. Ada yang menghubungkan dengan virus ebola yang mencairkan daging binatang yang diserang virus itu. Kata al-sijjil diartikan dengan zat kimia yang mematikan sehingga dalam waktu sekejap mereka memusnahkan pasukan Abrahah.

Agak ironis, kasus ini karena keluarga yang percaya terhadap kesakralan ka’bah tidak terkena bebatuan itu. Seperti dalam riwayat disebutkan, Abdul Muthalib, kakek Nabi berada di sekitar lokasi itu tetapi selamat. Ia sempat disapa oleh Abraha dan disuruh minggir karena ia akan mengambil alih ka’bah. Namun dijawab silahkan itu bukan punya kami tetapi punya Allah SWT. Tidak lama kemudian di tempat itu pasukan burung Ababil datang memusnahkan.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung

Pelajaran berharga dari sini ialah manusia tidak boleh angkuh dan menafikan kekuasaan Tuhan, karena di atas langt masih ada langit. Biasanya tokoh yang ang angkuh dan sombong mati dalam keadaan hina, seperti Fir’aun, Tsamud, namrud, dan ‘Ad. Sebaliknya hamba yang santun dan tawadlu’ wafat penuh kenangan seperti para nabi dan shalihin lainnya.

Kisah burung Ababil ini meyakinkan kita bahwa, seperti makhluk Allah SWT lainnya, burung Ababil juga memiliki emosi dan kecerdasan khusus, sebagaimana ditunjukkan dalam kisah tersebut di atas. Peristiwa itu juga menjadi Pelajaran berharga (lesson learning) bagi umat manusia bahwa burung-burung juga harus diperlakukan secara wajar, karena cukp berkontribusi untuk mendukung kemaslahatan umat manusia secara global, terutama di dalam mendukung misinya sebagai khalifah di bumi dan sebagai ‘abid, hamba yang ideal.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (2)

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 07 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (52) Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.