Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (59)

Belajar dari Kosmologi Budha (3)

Selasa, 14 November 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebagai Budha, Dia telah mengenal semua orang dan dengan menggunakan berbagai cara. Dia telah berusaha untuk meringankan penderitaan banyak makhluk. Budha Gautama mengetahui sepenuhnya hakikat dunia, Ia menunjukkan tentang keadaan dunia sebagaimana adanya. Budha Gautama mengajarkan agar setiap orang memeli­hara akar kebijaksanaan sesuai dengan watak, perbuatan dan kepercayaan masing-masing. Ia tidak saja mengajarkan melalui ucapan, akan tetapi juga melalui perbuatan. Dalam mengajar umat manusia yang mendambakan lenyapnya Dukkha, Dia menggunakan jalan pembebasan dari kelahi­ran dan kematian untuk mem­bangunkan perhatian mereka.

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Budha (2)

Bagi warga Budhis, men­carikan solusi dari persoalan hidup makhluk bagian dari kesucian diri. Itulah yang disebut Dharma-kaya, yang merupakan ajaran inti Sang Budha. Budha adalah per­lambang dari kesucian, yang tersuci dari semua yang suci. Karena itu, Buddha adalah Raja Dharma yang agung. Buddha selalu menyampaikan dan memesankan Dharma. Hanya saja Sebagian umat­nya yang tidak atau belum menangkap pesan-pesan suci dari Sang Budha. Bagi mereka yang yang mengindahkan pesan-pesan-Nya, dan dapat mengerti, menghayati, serta mengamalkan Sifat Agung Budha akan terbebas dari pen­deritaan hidup. Bagi Agama Budha kepintaran saja tidak cukup tetapi kesadaran diri untuk mengamalkan ajaran ke­sucian diri itu lebih penting.

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Budha (1)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 14 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (59), Belajar dari Kosmologi Budha (3)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.