Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (54)

Belajar dari Kosmologi Hindu (2)

Kamis, 9 November 2023 05:58 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Memang tidak sederhana menjelaskan konsep keesaan ­Tuhan dalam kaitannya dengan keberadaan alam semesta di dalam agama Hindu. Orang-orang non-Hindu biasanya dengan mudah menyimpulkan agama Hindu tidak mengenal konsep keesaan Tuhan.

Yang selalu terbayang di dalam benak mereka ada tiga sosok yang dipersepsikan sebagai Tuhan atau Dewa, yaitu Brahma yang lebih dikenal sebagai sang pencipta, Wisnu sebagai sang pelindung atau pemelihara, dan Syiwa sebagai sang penghancur atau pelebur.

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Hindu (1)

Meskipun disebut tiga nama (Trimurti), Tuhan dalam agama Hindu diyakini tetap Esa, yang didalam berbagai kitab Upanisad disebut: Ekam evam adwityam Brahma (Hanya satu Tuhan, tidak ada yang kedua). Tuhan Yang Mahaesa itu disebut dengan nama atau abhiseka. 

Tuhan dalam agama Hindu disebut dengan ribuan ­nama. Brahma Sahasranama (Seribu nama Brahma), Wisnu Sahasranama (seribu nama Wisnu) Siwa Sahasranama (seribu nama Siwa) dan sebagainya. Satu wujud yang memiliki banyak nama mengingatkan kita kepada konsep al-Asma’ al-Husna’ dalam agama Islam.  Namun jika dikaji lebih mendalam, ketiga sosok itu sesungguhnya tetap satu.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung (2)

Tiga nama besar Tuhan (Tri­murti) tidak bisa dipisahkan satu ­sama lain. Bahkan, metodologi Hin­duisme menyatukan yang banyak dapat digunakan para penganut agama dan keper­cayaan lain ­untuk memahami dan menjelaskan konsep ke­esaan Tuhan yang sejati. Pengalaman mencari Tuhan bagi umat Hindu jauh lebih panjang daripada penganut agama-­agama besar dunia lainnya.

Perkembangan selanjutnya, manusia makin dinamis me­lakukan pencarian Tuhan. Ia mulai melakukan verifikasi ke­kuatan-kekuatan mistis pada alam semsta. Di antaranya ada yang menya­lurkan respek, peng­abdian, dan spiritual desire  mereka dibatasi hanya kepada kekuatan-kekuatan alam tertentu yang dapat mewakili keberadaan kekuatan magis yang ada di alam lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.