Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (53)

Belajar dari Kosmologi Hindu (1)

Rabu, 8 November 2023 05:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap agama mem­punyai konsep kosmologi. Kos­mo­logi di sini diartikan sebagai pemahaman tentang hal-ihwal yang berhubungan dengan relasi antara ruang dan waktu terhadap alam semesta. Pemahaman tentang perilaku alam semesta dipelajari dalam ­rangka kelangsungan hidup secara harmonis antara alam semesta dan kehidupan umat manusia.

Agama Hindu memiliki konsep tersendiri bagaimana melestarikan hubungan harmonis antara manusia dengan kosmos yang merupakan lingkungan hidup dan lingkungan pacu umat manusia. Ternyata agama Hindu sarat dengan kekayaan spiritual dalam upaya melestarikan kehidupan harmonis antara manusia sebagai makhluk mikrokosmos dan alam semesta sebagai makhluk makrokosmos.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung (2)

Dalam lintasan sejarah anak manusia, ternyata tidak pernah berhenti mencari Tuhan. Proses pengenalan Tuhan berlangsung sejak awal kemanusiaan itu sendiri. Akan tetapi prosesnya mulai dari keadaan yang sangat sederhana, dimana manusia pada waktu itu masih sangat primitif, masih ­sangat ­menyatu dan bergantung kepada alam. Agama Hindu meyakini ada­nya kekuatan Yang Maha Dahsyat mengatur kehidupan cosmos.

Karena itu, agama Hindu mengekspresikan rasa ketakjuban dan ketakutannya kepada Yang Maha Kuasa, yang kemudian disebut se­bagai Tuhan ­(Brahma). Model penyem­bahannya kepada ­Tuhan pun disimbolkan dengan alam (sort of nature-worship).

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung

Apa dan siapa yang di­anggap Tuhan bagi agama Hindu selalu dikaitkan dengan keserasian dan kelestarian hi­dup antara manusia, alam, dan Tuhan. Agama Hindu meng­anggap manusia dan alam semesta ini se­sungguhnya bukan intitas yang secara diametrikal bisa dipisahkan. Bahkan alam semesta termasuk manusia tidak lain adalah bagian dari-Nya sendiri, yang kemudian dikaitkan dengan impersonal God (Brahma Nirguna).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.