Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (64)

Pandangan Kosmologi Islam (1) Hakekat Lingkungan Hidup Menurut Al-Quran

Rabu, 22 November 2023 05:42 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembahasan tentang lingkungan hidup (al-bi’ah) meliputi tiga unsur pokok, yaitu Pertama, bumi (al-ardl), kedua langit (al-sama’), dan ketiga unsur-unsur yang ada di dalam bumi dan langit, dan yang terakhir ini menjadi tema centeral dalam pembahasan di sekitar lingkungan hidup.

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Kristen (1)

Pertama, Bumi (al-ardl). Kata ini terulang tidak kurang 390 kali di dalam Al-Qur’an dalam konteks yang berbrda-beda. Yang jelas bumi dan segala isinya ditundukkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi, sebagaimana dijelaskan dalam ayat: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Q.S. al-Baqarah/2:30).

Baca juga : Belajar Dari Kosmologi Khonghucu (2)

Untuk mendukung kapasitas manusia sebagai khalifah, Allah SWT menundukkan alam semesta kepada manusia sebagaimana disebutkan dalam ayat: Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir. (Q.S. Al-Jatsiyah/45:13).

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Khonghucu (1)

Namun demikian, ketika mengelola bumi ini manusia diingatkan agar sedapat mungkin menghindari eksploitasi yang melampaui batas sebagaimana ditegaskan dalam ayat: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Q.S. al-Rum/30:41).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.