Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (65), Pandangan Kosmologi Islam (2)

Antara Langit (Celestial) dan Bumi (Terrestrial)

Jumat, 24 November 2023 05:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kosmologi Islam, dikenal ada beberapa tingka­tan. Mulai dari tingkatan paling tinggi yang biasa disim­bolkan dengan kata langit (al-sama’/celestial) sampai pada tingkatan paling rendah yang biasa disimbolkan dengan bumi (al-ardh/terrestrial).

Di antara keduanya dikenal dengan dunia antara (al-barzakh/middle range), atau biasa diistilahkan dengan alam mitsal yang diter­jemahkan dengan the imaginal world oleh Willian Chittic.

Baca juga : Pandangan Kosmologi Islam (1) Hakekat Lingkungan Hidup Menurut Al-Quran

Dunia atas (al-sama’/celestial) dicirikan dengan se­buah dunia spiritual, perfect, agung, permanen (fixed), tidak terikat dengan waktu dan tempat, full-power, lebih tercerahkan karena dekat dengan Sang Cahaya (Allah nur al-samawat wa alardh). Para penghuni dunia atas ialah roh (alam Jabarut) dan malaikat (alam Malakut).

Sedangkan dunia bawah (al-ardh/terrestrial) dicirikan dengan dunia materi, kasar, hina, berubah-ubah (unfixed), terikat dengan waktu dan tempat, less-power, lebih gelap karena jauh dari Sang Cahaya. Para penghuni dunia bawah ialah alam semesta termasuk manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, meneral, dan air.

Baca juga : Belajar dari Kosmologi Kristen (1)

Penghuni dunia bawah yang paling istimewa (ahsan taqwim) ialah manusia, karena hanya manusia yang memiliki kesempurnaan eksistensi dan substansinya menghimpun keseluruhan substansi yang ada di dunia atas dan dunia bawah. Manusia memiliki substansi paling tingggi yakni roh (alam Jabarut), juga memiliki substansi menengah, yakni malaikat yang substansinya dari cahaya (nur) dan manusia memiliki nurani. Manusia dengan sendirinya juga memiliki substansi materi, karena tercipta dari unsur mineral (tanah).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.