Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (86)

Alam Semesta: Antara Mitos, Logos, Dan Agama (2)

Minggu, 17 Desember 2023 05:36 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Meskipun banyak disorot, pandangan masayarakat-­modern tidak juga bisa diabaikan, karena telah terbukti secara pro­fessional, langkah-langkah ­mereka juga telah banyak men­dapatkan penga­kuan dan pembenaran dari tokoh adat dan tokoh agama. Perkembangan kebudayaan dan peradaban anak manusia tidak bisa dipisahkan dengan bentuk kecerdasan anak-anak manusia.

Perkembangan sains dan teknologi yang menghasilkan berbagai kemudahan, terutama dalam dunia transportasi dan informatika, apalagi sekarang dengan semakin berkembangnya artificial Intelligance, yang betul-betul merubah struktur dan fungsi di dalam dunia kemanusiaan dan dunia kemasyarakatan. Dunia EI betul-betul membuktikan kebenaran yang telah diungkap Al-Qur’an dan hadis.

Baca juga : Alam Semesta: Antara Mitos, Logos, Dan Agama (1)

Munculnya desakan terhadap para ilmuan untuk mengubah cara pandang humanism sekuler yang membuahkan faham Antropocentris, yang menyingkirkan alam semesta (makrokosmos) sebagai subyek dan hanya menjadikannya sebagai obyek.

Munculnya image yang menyatakan manusia seolah-olah bukan alam semesta, tetapi pengelola alam semesta. Di sinilah perlunya pandangan keagamaan terlibat. Jika kita membaca dan mempelajari pendapat kaum saintis Barat yang menggagas antroposentris maka langsung kita mengingat betapa kerusakan alam semesta ini akibat ulah, tingkah, dan pikiran mereka.

Baca juga : Fenomena New Consciousness Di Baat (2)

Hal ini mulai disadari oleh para ilmuan modern bahwa tidak ada ruginya jika kita memperlakukan alam semesta sebagai bagian dari subyek disamping dirinya sebagai obyek. Suah saatnya kita merubah pandangan filosofis dan teologis kita terhadap alam semesta.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 17 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (86), Alam Semesta: Antara Mitos, Logos, Dan Agama (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.