Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (9)

Meningkat Dari Syukur Dan Syakur

Rabu, 21 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Syakur sebagai tingkat kesyukiran paling tinggi, sudah barangtentu dambaan semua orang. Betapa tidak, orang yang sudah sampai di tingkatan ini dadanya akan lapang, selapang dengan samudra, se­hingga betapapun banyak kotoran mengalir dari sungai tidak akan pernah bisa merubah warna air samudra. Sebaliknya jika dada orang sempit maka ia akan merasa sumpek, sehingga sekecil apapun keritikan dialamatkan pada dirinya langsung terasa sesak dan stres, seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an: “Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpa­kan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.” (Q.S. al-An’am/6:125).

Baca juga : Meningkat Dari Tahmid ke Syukur

Al-Junaid mengatakan, syukur ialah engkau tidak memandang dirimu sebagai pemilik nikmat. Sedang asy-Syiblî mengatakan, syukur ialah melihat kepada pemberi nikmat dan bukan kepada nikmatnya. Pernyataan ini diperkuat ­dengan ucapan nabi Ayyub AS. yang bersikap sabar terhadap musibah yang menim­panya, sehingga ia disebut sebagai hamba yang sebaik-baiknya. Demikian juga nabi Sulaiman AS. yang bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepadanya sehingga ia disebut juga sebagai hamba yang sebaik-baiknya. Hal ini disebabkan karena keduanya konsentrasi pada pemberi nikmat dan bukan pada musibah dan nikmat itu, sehingga ­dengan demikian keduanya tidak merasakan sama sekali rasa sakit dan nyaman.

Baca juga : Meningkat Dari Shabir ke Mashabir Dan Shabur

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Rabu, 21 Februari 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya`ban (9) Meningkat Dari Syukur Dan Syakur"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.