Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya’ban (13)

Meningkat Dari Zikir Ke Wirid

Minggu, 25 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Rasulullah SAW telah mengisyaratkan agar pengamalan zikir dilembagakan dan amalkan secara terukur menjadi wirid. Dalam kitab Riyadh al-Shalihin, kumpulan hadis-hadis shahih yang disusun oleh Imam ASl-Nawawi, dan hingga saat ini menjadi salahsatu kitab wajib di Pndok-pondok pesantren di Indonesia, disebutkan sebuah riwayat bahwa suatu ketika para pekerja dan pelayan menghadap kepada Rasulullah Saw untuk diajari sesuatu yang bisa membuat dirinya setara dengantuannya, yang bukan hanya melakukan ibadah tetapi juga bersedekah dan berinfak. Sedangkan kami para pekerja dan pelayaan hanya bisa beribadah tetapi tdak punya kemampuan untuk bersedekah dan berifaq. Rasulullah Saw mengajari mereka dengan dzikir: Jika kalian membaca subhanallah, al-hamdulillah, dan Allahu Akbar masing-masing tiga kali seusai shalat fardhu maka kedudukan kalian sama dengan tuan-tuan kalian di mata Allah SWT. Para pekerja dan pelayan mengamalkan wirid itu setiap usai shalat fardhu.

Baca juga : Meningkat dari Taslim ke Tafwidh

Tuan-tuan para pekerja dan pelayan mengamati kebiasan baru karyawannya, akhirnya mereka juga mengamalkan wirid itu. Kelompok pekerja dan pelayan kembali men­datangi Rasulullah Saw mengadukan kalau tuannya juga mengamalkan hal yang sama. Mereka meminta sesuatu yang lain agar nanti di akhirat tidak kalah dengan tuan-tuannya. Rasulullah Saw menjawab "Sesungguhnya Allah memberi petujuk kepada siapa yang dikehendakinya". Hadis ini mengisyaratkan pentingnya meningkatkan kualitas zikir menjadi wirid. Allahu A’lam.

Baca juga : Meningkat Dari Tawakkal Ke Taslim (1)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Minggu, 25 Februari 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya’ban (13) Meningkat Dari Zikir Ke Wirid"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.