Dark/Light Mode

Living Qur`an (10)

Penghayatan Baru Terhadap Lailatul Qadr (2)

Kamis, 21 Maret 2024 05:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sedangkan siang (nahar) sering dimaknai kebalikannya sebagai ketegaran, kejantanan (masculinity), dan kekuatan (struggeling).

Baca juga : Penghayatan Baru Terhadap Lailatul Qadr (1)

Upaya mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Allah SWT lebih efektif melalui pendekatan kepasrahan dan kelem­butan (motion) ketimbang melalui pendekatan ketegaran dan intelek (ra­tio). Malam sering dilukiskan dengan emosi dan siang dilukiskan dengan rasio. Dari perspektif ini terdapat isy­arat kuat bahwa Lailatul Qadr adalah malam yang memiliki keunggulan (the power of night).

Baca juga : Menggetarkan Hati Dengan Al-Qur`an

Kualitas feminine lebih kuat dari­pada kekuatan masculine. Allah SWT, sebagaimana dapat dilihat di dalam 99 namanya (al-asma’ al-husna), lebih dominan menampilkan sifat-sifat feminin (the mother God) ketimbang sifat-sifat maskulin (the father God). Di antara 99 nama terse­but lebih dari 70 % mengisyaratkan sifat-sifat feminin. Istimewanya lagi, yang paling sering disebutkan berulang-ulang dan hampir mewarnai halaman demi halaman Al-Qur’an adalah nama-nama feminin-Nya, sementara nama-nama maskulin jarang ditemukan. Bandingkan mis­alnya kata al-Rahim (Yang Maha Penyayang) terulang sebanyak 114 kali, sementara al-Muntaqim (Yang maha Pendendam), dan al-Mutak­abbir (Yang Maha Angkuh) hanya sekali terulang. Kita hanya menemu­kan satu-satunya redaksi basmalah dalam Al-Qur’an, yaitu: Bismillah al-Rahman al-Rahim (Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Kita tidak pernah menemukan misalnya bismillah al-Qawiy al-Jabbar (Dengan nama Allah Yang Maha Kuat lagi Maha Pemaksa), meskipun kata yang kedua juga merupakan nama dan sifat Allah SWT. Bersambung…

Baca juga : Membaca Ulang Al-Qur`an

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 6, edisi Kamis, 21 Maret 2024 dengan judul "Living Qur’an (10) Penghayatan Baru Terhadap Lailatul Qadr (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.