Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (20)

Misteri Di Balik Kata Makkah dan Bakkah (2)

Jumat, 7 Juni 2024 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sedangkan kata Bakkah (dari akar kata: Bakka-yabukku-bakkan, berarti miskin), seperti yang diabadikan di dalam Al-Qur’an: Bakata mubarakan (Q.S. Ali ‘Imran/3:96). Ibnu Mandhur juga mengemukakan arti Bakkah dengan ‘di antara dua gunung’ (ma bain al-jabalain), karena kota Makkah, khususnya kawasan Masjid Haram dikelilingi oleh pegunungan. Bakkah sama pengertiannya dengan zahama berarti mendesak, berdesakan, bersaing (tazaham), seperti dikatakan dalam hadis: Fatabak al-nnas ‘alaihi, artinya manusia datang berdesak-desakan kepadanya). Disebut Bakkah karena manusia datang dari berbagai penjuru dan berdesak-desakan di jalan dan di dalam melaksanakan thawaf mengelilingi Ka’bah.

Baca juga : Misteri di Balik Kata Makkah dan Bakkah (1)

Sebagian ulama berpendapat kata Bakkah ialah kandungan atau inti kota Mekkah, sedangkan Mekkah meliputi wilayah geografisnya.

Baca juga : Rahasia Di Balik Hajar Aswad

Ulama lain mengatakan Makkah dan Bakkah sama saja pengertiannya (interchangeable). Orang-orang Arab yang kesulitan menyebut huruf mim (Makkah) bisa menyebutnya dengan Bakkah. Keduanya tidak memiliki perbedaan. Namun dalam sumber-sumber kitab Tashawuf, yang juga dijelaskan di dalam Lisan al-‘Arab, kedua nama itu memiliki perbedaan. Kata Bakkah ialah nama tempat dimana Ka’bah didirikan. Sedangkan Makkah ialah nama keseluruhan kota Mekkah (Bakkah maudhi’ al-bait wa sair ma haulahu Makkah). Nama Bakkah lebih berkonotasi spiritual ketimbang nama Makkah. Meskipun keduanya dapat dibedakan, simpul yang menyatukannya ialah Ka’bah. Misteri dan rahasia Ka’bah akan dibahas di dalam artikel mendatang. Allahu A’lam.

Baca juga : Asal-usul Hajar Aswad

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Jumat, 7 Juni 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (13) Ka'bah Sebagai Rumah Pembebasan (al-Bait al-'Atiq)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.