Dark/Light Mode

Teosofi Haji (28)

Makna Spiritual Ka`bah (4)

Rabu, 19 Juni 2024 05:58 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada apa sesungguhnya di dalam Ka’bah? Bangunan suci bentuk kubus berukuran tinggi 11,03 m dengan sisi 11,03 m x 12,62 m yang terletak di tengah Mesjid Haram masih menyimpan banyak misteri.

Banyak orang penasaran ingin mengetahui ada apa dan seperti apa dalaman Ka’bah yang menjadi kiblat peribadatan umat Islam sedunia. Apakah di dalamnya ada bangunan antik, benda-benda bersejarah, atau maqam, atau benda-benda lain yang asing dari dunia ma­nusia.

Baca juga : Makna Spiritual Kabah (3)

Mengapa pintunya terbuat dari emas? Mengapa tidak dibuka sepan­jang masa dan hanya dibuka dalam kesempatan tertentu saja? Apakah ada dalil melarang membuka atau mengungkapkan isi Ka’bah?

Bagian dalam Ka’bah sesunggunya tidak ada apa-apa. Hanya ada sebuah meja kecil setinggi lutut tempat duduk lampu re-chargable untuk menerangi ruangan gelap.

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (2)

Di dalamnya tidak ada AC atau kipas angin. Lubang udara satu-satunya ialah pintunya kalau se­dang dibuka. Tidak ada barang antik, tidak ada lukisan atau ukiran, tidak ada kesan mewah di dalamnya.Justru di tengah kehampaan, tidak ada apa-apa kecuali ruang kosong, membuat diri kita semakin merinding.

Di dalam Ka’bah kita bisa shalat ke arah semua penjuru mata angin. Kita bisa shalat menghadap ke sekeliling tembok, Di sinilah keagungan Ka’bah, di tengah kekosongannya kita diajak untuk mengosongkan diri seperti kosongnya bagian dalam Ka’bah.

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (1)

Tidak ada sedikit pun kesan mewah di dalamnya memesankan betapa perlunya menghilangkan segenap kesan kemewahan duniawi saat kita menghadap ke haribaan Allah SWT.

Sekiranya ada benda sakral atau benda-enda lain yang bisa mejadi perhatian menarik para pengunujung, maka sudah barang tentu akan mengganggu kekhusyukan orang di dalamnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.