Dark/Light Mode

Peran Vital DPD RI Dalam Renstra Semesta

Rabu, 19 Juni 2024 06:29 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

 Sebelumnya 
Pengembangan ekonomi daerah juga harus didasarkan pada potensi lokal yang unik. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunggulan komparatif yang berbeda, seperti sumber daya alam, pariwisata, atau industri kreatif. Renstra Semesta harus mencakup strategi untuk memanfaatkan potensi ini, misalnya melalui pengembangan kluster industri atau program pemberdayaan ekonomi lokal.

Bersamaan pula pembangunan berkelanjutan tidak bisa lepas dari perhatian terhadap ling­kungan. Setiap daerah menghadapi tantangan lingkungan yang berbeda-beda, seperti deforestasi, polusi, atau perubahan iklim. Oleh karena itu, Renstra Semesta harus memasukkan strategi untuk melindungi lingkungan dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan. Di sini pula DPD RI harus memastikan bahwa kebijakan lingkungan nasional dapat diadaptasi dengan kondisi lokal, serta mendukung inisiatif daerah untuk konservasi dan mitigasi dampak lingkungan.

Baca juga : Strategi Geopolitik: Membangun IKN Bukanlah Cepat Selesai

Dalam konteks pembangunan nasional ini pula, DPD RI memiliki peran yang sangat penting dalam menyusun dan mengimplementasikan Renstra Semesta yang komprehensif dan adaptif. Maka Renstra ini tidak hanya bertujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, tetapi juga untuk menyebarluaskan pembangunan di seluruh pelosok Indonesia. DPD RI, dengan perannya yang proaktif, memastikan bahwa setiap daerah dapat memberikan kontribusi maksimal dalam ­mencapai tujuan nasional ­tersebut.

DPD RI memiliki kapasitas untuk mendorong partisipasi ­aktif dan kolaboratif dari ber­bagai daerah dalam perencanaan pembangunan. Dengan mengintegrasikan berbagai ­aspirasi lokal ke dalam Renstra Semesta, DPD RI memastikan bahwa kebutuhan dan potensi setiap daerah dipertimbangkan ­dengan seksama. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat pem­bangunan infrastruktur fisik, tetapi juga mendukung ­pengembangan sumber daya manusia serta peningkatan kualitas hidup masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga : Juni, Bulan Bung Karno

Implementasi Renstra Semesta yang komprehensif dan adaptif yang dipimpin oleh DPD RI juga turut berperan dalam menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan memastikan ­bahwa setiap daerah dapat mengoptimalkan potensi lokalnya, baik dalam sektor ekonomi, sosial, maupun lingkungan, Indonesia dapat melangkah menuju pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. DPD RI berperan sebagai penghubung yang menghubungkan kepentingan nasional dengan realitas lokal, sehingga visi jangka panjang untuk men­jadikan Indonesia negara maju dan sejahtera dapat tercapai secara berkesinambungan.

Melalui peran aktif DPD RI dalam penyusunan dan implementasi Renstra Semesta, Indo­nesia dapat mengoptimalkan potensi seluruh daerah untuk mencapai pembangunan yang merata dan berkelanjutan. DPD RI bukan hanya sekadar wadah bagi representasi daerah, tetapi juga penggerak utama dalam memastikan bahwa setiap langkah pembangunan nasional mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan khusus dari masing-masing wilayah.

Baca juga : Warisan Bung Karno Menghadirkan Pancasila Menyatukan Bangsa

Dengan demikian, Indonesia dapat terus bergerak maju sebagai negara yang berdaya saing global, sambil menjaga kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyatnya.

Prof. Dr. Ermaya ­Suradinata, SH, MH, MS, adalah ­Gubernur Lemhannas RI (2001-2005) dan ­Direktur Jenderal Sosial Politik Depdagri RI (1998-2000). Kini menjabat Ketua Dewan ­Pembina Center for ­Geopolitics & Geostrategy Studies Indonesia (CGSI), Ketua TIM Dewan Pakar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.