Dark/Light Mode

Peran Vital DPD RI Dalam Renstra Semesta

Rabu, 19 Juni 2024 06:29 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dibentuk untuk memperkuat ­peran daerah dalam peme­rin­tahan pusat, dan sekaligus menjadi pemersatu bangsa. Sebagai representasi daerah dalam ­Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), DPD RI berfungsi memperjuangkan keseimbangan pembangunan dan keadilan ­sosial di seluruh wilayah Indonesia.

Keberadaan DPD RI dapat menciptakan harmonisasi ­antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga integrasi nasional menjadi lebih kuat. Untuk menjalankan tugas mulia ini, Pasal 22D UUD 1945 menetapkan bahwa DPD RI memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Fungsi legislasi DPD RI mencakup berbagai aspek penting seperti otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi, perimbangan keuangan pusat dan daerah, serta bidang pendidikan, agama, dan pajak.

Dengan demikian, DPD RI memainkan peran krusial dalam memastikan bahwa kepen­tingan daerah diperhatikan dalam penyu­sunan dan pelaksanaan kebijakan nasional. Melalui fungsi legislasi ini, DPD RI terlibat dalam penyusunan program legislasi nasional (pro­legnas), pengajuan dan pembahasan ­rancangan undang-undang (RUU), serta penyusunan daftar inventarisasi masalah.

Baca juga : Strategi Geopolitik: Membangun IKN Bukanlah Cepat Selesai

Selain itu, DPD RI memberikan pertimbangan kepada DPR RI terkait RUU yang berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pajak, pendidikan, dan agama. Dalam hal anggaran, DPD RI membahas RUU APBN dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN untuk memastikan penganggaran yang proporsional bagi kepentingan daerah. Untuk lebih mendekatkan diri dengan konstituen, Pasal 252 UU Nomor 17 Tahun 2014 menyatakan ­bahwa anggota DPD RI berdomisili di daerah pemilihannya dan memiliki kantor di ibu kota provinsi untuk menyalurkan ­aspirasi dan kebutuhan daerah ke pemerintah pusat.

Selanjutnya, DPD RI juga memiliki tanggung jawab signifikan dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Semesta yang melibatkan seluruh daerah di Indonesia. Renstra Semesta ini bertujuan untuk merumuskan arah pembangunan nasional, karena hal ini untuk memastikan bahwa setiap daerah mendapatkan perhatian yang sesuai ­dengan kebutuhan dan potensinya. Dengan demikian, Renstra Semesta menjadi alat yang penting dalam mencapai pembangunan yang merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Renstra Semesta harus mencakup berbagai aspek penting seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi, dan lingkungan. Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pem­bangunan suatu negara, dan setiap daerah di Indonesia memiliki kondisi serta tantangan khas dalam sektor ini. Maka Renstra Semesta harus mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan lokal guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca juga : Juni, Bulan Bung Karno

Di daerah terpencil, misalnya, fokus utama adalah peningkatan akses dan fasilitas pendidikan, termasuk penyediaan tenaga pengajar yang berkualitas. Sedangkan di daerah perkotaan, perhatian ebih pada inovasi kurikulum dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Selain pendidikan, kesehatan juga merupakan hak fundamental setiap warga negara yang harus dijamin oleh negara.

Ketidakmerataan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Oleh karena itu, Renstra Semesta harus mencakup strategi untuk memperbaiki infrastruktur kesehatan, memperbanyak tenaga medis, serta mengembangkan program kesehatan yang spesifik untuk kebutuhan setiap daerah. ­Dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan lokal, DPD RI dapat memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses yang sama terhadap layanan kesehatan yang memadai.

Sementara itu infrastruktur yang memadai adalah prasyarat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Renstra Semesta harus menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi geografis dan tingkat perkembangan ekonominya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.