Dark/Light Mode

Catatan Debat Capres-Cawapres Pertama (1)

Keragaman Hukum

Sabtu, 19 Januari 2019 07:38 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebagai misal. Di beberapa daerah ada hukum yang berbasis agama. Anggaplah perda Syariah. Hal ini tidak perlu dilihat oleh pusat sebagai masalah. Selama di daerah itu dilakukan berdasar konstitusi dan demokrasi (keputusan legislatif daerah).

Baca juga : Nobar Debat Capres KPU Sepi Penonton

Maka dalam hal tumpang tindih yang harus dilihat apakah eksistensi hukum itu menjadi hambatan. Atau justru sebaliknya. Mendukung bagi bagi hadirnya rasa keadilan (sense of justice) di masyarakat?

Baca juga : Maruf Vs Sandi Bikin Penasaran

Penyeragaman hukum secara nasional justru bisa merugikan sebagian masyarakat pada daerah-daerah tertentu. Yang perlu diperhatikan adalah, proses penegakan hukum itu. Jangan sampai terjadi manipulasi hukum/aturan. Sehingga merugikan warga. Khususnya minoritas. Ini berlaku misalnya di Aceh dan di Papua sebagai daerah yang memiliki status khusus. ( Bersambung).
Imam Shamsi Ali; Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.