Dark/Light Mode

Peradaban Alternatif Berbasis Iqra’ (2)

Hidup Rukun Atau Saling Benci

Minggu, 3 Februari 2019 06:43 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ketiga, di saat yang sama, dunia global saat ini menumbuhkan sikap “kompetisi” yang sangat tinggi. Inilah karakter ketiga dunia. Masing-masing pihak ingin menjadikan diri/kelompoknya lebih hebat, menang dan dominan.

Kompetisi itu terjadi dalam segala aspek kehidupan manusia. Dari perekonomian, pendidikan, budaya, hingga ke militer, bahkan agama. Islam pada saat yang sama sejatinya mengajarkan umat ini mengambil partisipasi aktif dalam kompetisi itu. Islam tidak menghendaki umat ini menjadi penonton yang sekadar bisa bertepuk tangan atau mengharap belas kasih orang lain.

Baca juga : Semua Konsep Islam Bernuansa Global

Al-Quran penuh dengan ayat-ayat kompetisi itu. “Dan berfastabiqul khaeratlah”. Atau “Dan yang demikian itu (syurga) hendaklah orang-orang beriman saling berlomba”.

Dari ketiga karakter utama dunia global itu, jelas bahwa Islam tidaklah asing dengan dunia global saat ini. Islam adalah agama yang sejatinya telah men￾gantisipasi semua dinamika yang terjadi dan akan terjadi dalam hidup manusia. [ Bersambung]

Baca juga : Dari Negeri Perang Ke Negeri Dakwah

Imam Shamsi Ali : Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.