Dark/Light Mode

Pesantren dan Moderasi Umat (1)

Selasa, 16 Juni 2020 09:02 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Berbeda di PP, para santri di malam hari tetap mendapatkan pembinaan dan pengawasan secara efektif, bahkan tempatnya di mesjid.

Baca juga : Terima Kasih Pondok Pesantren (2)

Setiap sehabis magrib sampai Isya dan setiap sehabis shalat Subuh para santri mendapatkan pembinaan khusus oleh Kiyai atau guru yang lebih senior dalam bentuk memberikan pengajian Kitab Kuning (KK). Materi pengajian KK umumnya berisi pengembangan karakter dan kepribadian.

Baca juga : Terima Kasih Pondok Pesantren (1)

Di siang hari para santri mengikuti pendidikan yang terstruktur melalui panduan kurikulum nasional dan lokal. Para santri bergelut dengan kebersahajaan warga desa dan kepulauan yang sulit dijangkau oleh kaum urban.

Baca juga : Kegamangan Beragama

Moderasi beragama umat ditempa di PP melalui kurikulum dan wawasan tenaga pengajarnya yang menguasai kondisi obyektif masyarakat di sekitarnya. Modernisasi umat dijalankan melalui berbagai cara dan pendekatan. Bukan hanya di dalam satu atau dua mata pelajaran khusus tetapi terintegrasi di dalam berbagai mata pelajaran. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.