Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kalung Anti Pagebluk

Senin, 13 Juli 2020 05:31 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hanoman berpesan kepada rakyat Alengka. Kalau mau aman dari serangan pagebluk pakailah kalung antibalak. Kalung yang dimaksud adalah daun kelapa muda atau janur untuk dikalungkan pada leher. Selain itu depan pintu rumah dipasang janur melengkung agar terhindar dari bencana. Inovasi sederhana Hanoman terbukti mancur. Ketika terjadi bencana kebakaran di wilayah Alengka, rumah dan kawula yang berkalung janur bebas dari petaka.

Kocap kacarito, Prabu Rama Wijaya menugaskan Hanoman sebagai duta ke Alengka. Tugas Hanoman cukup berat, masuk wilayah musuh seorang diri untuk mencari keberadaan Dewi Shinta. Tegas kedua yaitu mengukur kekuatan musuh dan mencari titik lemah lawan. Pascakrisis politik penculikan Dewi Shinta oleh Prabu Rahwana beberapa negosiasi telah dilakukan. Akan tetapi tidak membuahkan hasil sehingga opsi penyerangan untuk merebut kembali Dewi Shinta dari Rahwana terpaksa dilakukan.

Baca juga : Menteri Berusaha `Caper` ke Jokowi

Penunjukan Hanoman untuk menjadi duta ke Alengka tidaklah mulus. Dari kalangan internal sudah terjadi pertentangan. Kapi Jaya Anggada sebagai rival Hanoman ingin sekali mendapatkan tugas tersebut. Namun keputusan Prabu Rama sudah bulat memercayakan tugas kepada senopati kera putih Hanoman. Sebelum berangkat ke Alengka Hanoman melakukan konsolidasi dengan Anggada. Hal ini penting agar ke depan tidak terjadi friksi politik antara dirinya dan Kapi Jaya Anggada.

Perjalanan duta Poncowati menghadapi banyak hambatan. Mulai dari gunung Maliawan sampai harus menyeberang lautan yang memisahkan daratan Alengka. Sebagai murid Dewanya angin Bethara Bayu, Hanoman memiliki kesaktian bisa terbang di atas awan. Tantangan berikutnya Hanoman harus berhadapan dengan tim telik sandi Alengka yaitu Sayemprobo dan Katak Sini. Sayemprobo adalah selir Rahwana yang memiliki keahlian membuat senjata kimia dan biologi. Sedangkan Katak Sini berwujud raksasa sebagai penjaga pantai Alengka. Dengan kesaktian Hanoman, kedua musuh dapat dilumpuhkan dan dengan mudah melenggang melewati penjagaan keamanan Alengka.

Baca juga : Koalisi Gemuk Tidak Jamin Cakada Jadi Jawara Pilkada

Hanoman langsung masuk ke Taman Argo Soka di mana Dewi Shinta ditahan oleh Rahwana. Dewi Shinta kaget begitu melihat kedatangan kera putih Hanoman. Setelah mengutarakan bahwa dirinya adalah utusan Prabu Rama, Dewi Shinta baru merasa tenang. Perasaan Dewi Shinta berbunga-bunga begitu menerima cincin dari Rama yang dibawa Hanoman. Cincin melambangkan kesetiaan dan cinta abadi.

Hanoman belum sempat pamit meninggalkan taman Argo Soka, keburu tertangkap oleh pasukan elite kerajaan. Hanoman dibawa Indrajit ke alun-alun untuk diadili akibat perbuatannya. Rahwana naik pitam begitu mengetahui ada penyusup masuk Alengka. Saking marahnya Rahwana memerintahkan Hanoman untuk dibakar hidup-hidup. Hanoman tiwikrama mengubah dirinya sebesar gunung. Kobaran api tidak dirasakan, justru kobaran api digunakan sebagai senjata untuk ngamuk menyerang musuh. Konon kobaran api hampir merusak sepertiga wilayah kerajaan Alengka. Rumah-rumah penduduk yang bertenggerkan janur luput dari amukan api. Dan para kawula yang mengenakan kalung janur tidak terbakar oleh api ciptaan Hanoman. 

Baca juga : Rumput Tetangga Lebih Hijau Kejadian di Saat Pandemi Ini

“Kalung janur Hanoman terbukti mancur, Mo,” celetuk Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul tole, sebuah inovasi harus dibuat simple tidak perlu neko-neko. Keep it simple people will use it, jawab Romo Semar pendek. Pagebluk Covid yang merebak saat ini juga perlu inovasi sederhana. Mulai dari cuci tangan teratur dan memakai masker merupakan protokol sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Jangan sampai kita memakai jimat kalung tapi melupakan cuci tangan dan pakai masker. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.