Dark/Light Mode

Merawat Emosi Umat (3)

Minggu, 19 Juli 2020 08:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Emosi umat sebaiknya disalurkan pada hal-hal positif. Seperti saat ini, kita menyaksikan betapa cerdasnya kita sebagai warga bangsa dan juga sebagai warga umat, menyalurkan emosi keagamaan kita untuk membantu satu sama lain untuk meringankan beban hidup sebagian warga kita yang tertekan karena dampak negatif yang timbul akibat virus Covid-19.

Baru-bari ini, Masjid Istiqlal menyelenggarakan Webinar Nasional melibatkan pimpinan umat beragama di dalam ikut serta menanggulani dampak Covid-19.

Baca juga : Merawat Emosi Umat (2)

Di luar dugaan, peserta dan saran-saran para peserta begitu positif. Perbedaan agama dan kepercayaan tidak menjadi penghalang untuk berbuat baik kepada sesama warga bangsa.Masjid Istiqlal pun kebanjiran bantuan untuk disalurkan kepada mereka yang berhak.

Ini sebuah contoh betapa indahnya jika sebuah bangsa yang heterogen dan plural merajut kebersamaan emosi di dalam meringankan beban sesama warga bangsa.

Baca juga : Berbaik Sangka Pada Musibah

Pemerintah dan masyarakat harus berterima kasih kepada tokoh-tokoh agama yang tidak pernah kenal lelah menyuarakan motivasi kepada umatnya untuk berbagi dengan orang lain.

Mereka sangat didengar ditelinga umat mereka dalam menyuarakan himbauan: Sedikit buat kita tetapi besar artinya bagi orang lain. Emosi keumatan seperti ini perlu di-rawat dan terus dikembangkan. Mungkin inilah salah satu di antara hikmah musibah pandemi virus Covid-19, bisa menyatukan visi berbagai kalangan yang berbeda.

Baca juga : Menjadi Selebriti Langit (2)

Dalam Islam juga lebih terasa, yang sering dikategorikan sebagai kelompok garis keras, moderat, dan liberal tiba-tiba berdiri di dalam saf (barisan) yang sama untuk membebaskan kerisis yang dialami sekelompok umat yang terpapar dengan masalah Covid-19.

Seolah-olah dengan musibah ini membuat berbagai kelompok yang berseberangan menjadi satu.Kita tunggu saatnya, bagaimana kemajuan dan kesejahteraan juga bisa membuat para pihak Bersatu, yakni Bersatu mengangkat martabat kemanusiaan, kebangsaan, dan keagamaan. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.