Dark/Light Mode

Gatot, Istana Dan Bintang Mahaputera

Kamis, 12 November 2020 08:03 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka - Gatot Nurmantyo tidak hadir pada upacara penganugerahan bintang dan tanda jasa di Istana, kemarin pagi. Apakah ketidakhadiran mantan Panglima TNI itu mengandung arti ia menolak anugerah Bintang Mahaputera dari Jokowi Widodo selaku Kepala Negara Republik Indonesia? Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono, di Kompleks Istana Kepresidenan kemarin pagi menjawab: ”Lantaran Gatot tidak hadir, maka Bintang Mahaputera tidak jadi diberikan dan dikembalikan ke negara.”

Menurut Budi Hartono, Gatot menyampaikan pemberitahuan ketidakhadirannya melalui surat yang ditujukan kepada Presiden Jokowi. Dalam surat tersebut, Gatot menolak pemberian Bintang Mahaputera dari Jokowi lantaran pemberian tanda jasa itu diberikan di saat yang tidak tepat, yakni pandemi Covid-19.

Baca juga : Kasus Suap Proyek Jalan BPJN IX Belum Tutup Buku

Pernyataan Kepala Sekretariat Kepresiden ini terkesan ANEH. Di satu sisi, ia mengatakan kepada pers bahwa Istana sudah menerima surat dari Gatot tentang ketidakhadirannya pada upacara anugerah bintang dan tanda jasa pada 10 Nopember. Di sisi lain, secara tidak langsung ia menyatakan tidak punya kewenangan untuk mengungkap isi surat Gatot secara lengkap. Aneh, sebenarnya ia sudah membuka dan membaca surat Gatot. Toh, yang disampaikan kepada pers hanya satu potong: Gatot tidak bisa hadir karena alasan covid-19 dan masih memikirkan TNI. Apa isi selengkapnya dari isi surat tsb.: No comment. “Isinya nanti pak Menko Polhukam yang akan menyampaikan [kepada pers].”

Secara terpisah dan waktu yang berbeda, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan Gatot menerima pemberian bintang ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena ini suasana Covid." Mahfud juga menegaskan penganugerahan penghargaan Bintang Mahaputera kepada Gatot tidak berkaitan dengan urusan bungkam-membungkam maupun diskriminasi.

Baca juga : Jika Biden Menang, Apa Yang Akan Dilakukan Trump?

Jadi, apakah Gatot menerima atau menolak pembertian Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi? Publik dibuat bingung. Kepala Sekretariat Kepresidenan sudah menyatakan Gatot menolak, penolakannya disampaikan lewat sepucuk surat kepada Presiden. Itulah sebabnya Gatot tidak hadir, meski beberapa hari sebelumnya ia sudah menerima/mengambil surat Presiden. Dan SELURUH media massa dan media sosial sektika itu juga memberitakan penolakan Gatot terhadap Bintang Mahaputera, sebab berita ini dinilai mengejutkan!
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.