Dark/Light Mode

Berebut Wahyu Tohjali

Senin, 8 Maret 2021 07:25 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Bethara Guru merasa tidak legowo untuk memberikan Tohjali kepada Harjuna. Apalagi istrinya Bethara Guru yakni Bethari Durga juga menginginkan Tohjali untuk anaknya sendiri Dewasrani. Keduanya sepakat Tohjali akan diberikan kepada Dewasrani. Untuk memuluskan niat busuknya tersebut Harjuna harus dibinasakan terlebih dulu. Selain itu Semar juga harus disingkirkan supaya kelak tidak ada gugatan ke Dewasrani.

Baca juga : Banjir Bandang Di Alengka

Semar dan Harjuna mengetahui rencana jahat Bethara Guru dan Durga. Untuk itu Semar gugat minta keadilan kepada Shang Hyang Wenang. Perbuatan Bethara Guru juga mendapat tentangan dari para dewa. Bethara Narada yang selama ini loyal sebagai wakil Bethara Guru terpaksa turun gunung memimpin perlawanan kepada Bethara Guru dan Durga. Shang Hyang Wenang murka mendapat laporan Semar atas perilaku Bethara Guru. Atas perbuatan memalukan tersebut Bethara Guru dikutuk Shang Hyang Wenang menjadi wujud raksasa. Kelak Bethara Guru dapat berubah wujud kembali setelah memohon maaf kepada Semar dan Harjuna. Sedangkan Bethari Durga tidak kuat melawan kesaktian Semar dan melarikan diri ke Sentra Gandamayit. Dewasrani tidak mampu melawan Harjuna dan merelakan Wahyu Tohjali diambil kembali.

Baca juga : Tumbal Kritik Jaka Slewah

“Pantesan Tohjali sangat menggiurkan. Karena siapa memiliki wahyu Tohjali kelak menjadi ratu,” celetuk Petruk cengengesan. “Tidak semua orang kuat menerima wahyu ratu, Tole,” jawab Semar pendek. Wahyu ratu tidak bisa dikejar dan tidak bisa ditolak. Wahyu ratu akan datang kepada siapa saja yang berbudi luhur, suka laku prihatin dan dicintai rakyat. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.