Dark/Light Mode

Keajaiban Silaturrahim (2)

Bersilaturrahim Dengan Arwah (2)

Kamis, 6 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lalu Rasulullah mengambil tangkai pohon, ditancapkan ke atas makam kedua pemuda itu sambil berkata, “Sepanjang tangkai pohon ini segar, sepanjang itu akan diringankan sik­saan kedua pemuda ini.”

Kedua hadis di atas menunjukkan bahwa orang hidup bisa memberikan efek terhadap orang yang sudah wa­fat.

Baca juga : Bersilaturrahim Dengan Arwah (1)

Doa yang dipanjatkan seorang anak kepada orang tuanya yang sudah wafat dapat memberikan efek positif bagi orang tuanya. Ini menegaskan, bahwa silaturrahim tidak boleh terputus den­gan meninggalnya seseorang.

Dalam riwayat lain digambarkan oleh Imam Al-Gazali, pemandangan orang-orang di Alam Barzakh (Alam Kubur) tidak ada bedanya dengan di dunia. Kehidupan arwah yang ada di sana membutuhkan berbagai macam kebutuhan. Doa yang dipanjatkan orang terhadap orang yang sudah wafat, bisa memberikan kesenangan dan ketenan­gan di alamnya di sana. Sedikit artinya bagi orang hidup, banyak artinya bagi orang yang hidup di alam Barzakh.

Baca juga : Kementan Sosialisasi Persiapan Manajemen Perubahan 2021

Ada orang kaya dan pejabat di dunia, tetapi di sana menjadi pengemis. Mereka hanya akan menunggu doa khathib Jumat dalam khutbah kedua yang lazim dibaca: Allahumma igfir al-muslimin wa al-muslimat, wa al-mu’minin wa almu’minat, al-ahya’ min­hum wa al-amwat. (Ya Allah ampunilah muslimin dan muslimat, mu’minin dan mu’minat, baik yang masih hidup mau­pun yang sudah wafat).

Begitu doa ini dibaca, para arwah merasa mendapatkan sedikit kelegaan. Bayangkan betapa bahagianya di antara mereka yang selalu mendapatkan doa rutin dari anak-anaknya. Allahu a’lam. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.