Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (10)

Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (4)

Minggu, 13 Juni 2021 06:26 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam agama Yahudi, angka tujuh hari simbolis dari hari pertama diciptakan bumi dan hari ketujuh (Sabbath/Sabtu = Suci) menyatunya fisik dan spiritual.

Baca juga : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (3)

Dari gambaran tersebut di atas da­pat dipahami bahwa ajaran Islam tidak menganut paham menstrual taboo. Sebaliknya, berupaya mengikis tradisi dan mitos masyarakat yang memberi­kan beban berat kepada perempuan. Pesan Islam terhadap menstruasi sejalan dengan pendapat para medis yang men­ganggap bahwa perempuan menstruasi tidak ada yang terlalu istimewa.

Baca juga : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (2)

Larangan melakukan persetubuhan dalam masa menstruasi sejalan dengan hasil penelitian intensif para medis, sep­erti yang telah dilakukan oleh Bernhard Ashner, yang menyimpulkan bahwa menstruasi adalah suatu proses biologis untuk menghilangkan zat-zat racun di da­lam tubuh perempuan. Dengan demikian, darah kembali bersih dan normal.

Baca juga : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (1)

Darah haid adalah sel-sel yang tidak aktif dari kulit selaput rahim (kandungan) perem­puan, bercampur dengan darah mengalir keluar dari uterus (rahim). Dalam sel-sel tidak aktif (benda-buang) tersebut terdapat dalam vagina perempuan haid.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.