Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (10)

Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (4)

Minggu, 13 Juni 2021 06:26 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengenai pember­sihan diri (thaharah) dari haid, dalam Islam tidak dikenal adanya upacara ritual khusus seperti dalam agama Yahudi dan keper­cayaan-kepercayaan sebelumnya.

Thaharah dalam Tafsir al-Alusiy diartikan sebagai pem­bersihan secara hakiki, yakni melakukan pembersihan diri secara sempurna (al-thaharah al-kamilah) dengan mandi.

Berita Terkait : Dramatisasi Ketaatan Beragama

Maksudnya, berhentinya haid tidak bisa dijadikan ukuran, tetapi mandi wa­jib sesudah haidh itulah yang dijadikan ‘ibarah. Al-Alusi cenderung sependa­pat dengan ‘Ashim yang membaca yaththahharna (dengan tasdiq) yang memfaedahkan upaya intensif untuk membersihkan diri.

Thaharah dalam hal ini menurut Imam Syafi mensyaratkan mandi seperti mandi janabah, yakni membasahi seluruh ang­gota badan. Sebagian ulama lain seperti ‘Atha’ dan Thawus berpendapat, wanita pasca haidh mesti mandi dan berwudlu.

Berita Terkait : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (3)

Jumhur ulama berpendapat, bahwa sesudah hari ketujuh ia sudah dapat dianggap bersih setelah mandi. Kecuali Abu Hanifah berpendapat tidak harus mandi tapi cukup membersihkan tempat keluarnya darah haid dan juga tidak perlu menunggu tujuh hari. Sekalipun kurang tujuh hari kalau sudah merasa bersih, su­dah dapat melakukan ibadah secara rutin. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Auza’iy dan Ibn Hazm.

Angka tujuh di sini semata-mata ber­dasar pada kebiasaan perempuan umum­nya mereka menjalani masa haid selama tujuh hari. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan angka tujuh seperti yang dianut dalam agama Yahudi.

Berita Terkait : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (2)

Ini bisa dilihat dalam diskursus empat imam mazhab: Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’, dan Imam Ahmad, sama sekali tidak pernah ada yang menyinggung hubungan antara angka tujuh hari dengan penciptaan dan perilaku makrokosmos.
 Selanjutnya