Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad Saw

Gen Politik Kaum Quraisy (2)

Minggu, 11 Juli 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Agak mirip den­gan redaksi di atas, dari Muawiah, ber­kata: Aku menden­gar Nabi bersabda: Sesungguhnya perka­ra ini (kepemimpi­nan dan kekuasaan) hanyalah untuk kaum Quraiys, dan tidaklah seseorang memusuhi mereka kecuali Allah akan menyung­kurkan wajahnya selama mereka (Quraiys) menegakkan agama.

Baca juga : Gen Politik Kaum Quraisy

Berdasar pada hadis yang disebutkan di atas maka ulama Islam pada um­umnya termasuk Ahlussunnah, semua sekte Syiah, sebagian besar kelompok Mu’tazilah, dan mayoritas Murjiah mengatakan, bahwa seorang kepala negara di dalam literatur Islam harus berasal dari Suku Quraiys.

Baca juga : Perilaku Seksual Binatang (3)

Kelompok Khawarij secara keseluru­han mengatakan, bahwa kepemimpinan tertinggi dalam suatu negara (imamah atau khilafah) bisa saja dijabat oleh selain kaum Quraiys. Mereka menyatakan bah­wa Islam tidak membedakan seseorang baik dari sisi keturunannya, jenis ras dan sukunya, maupun warna kulitnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.