Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (4)

Minggu, 22 Agustus 2021 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tapi, dari lingkungan kritik pem­bangunan, masih teguhnya akar-akar pesantren justru dilihat sebagai keun­tungan, yaitu masih lestarinya suatu kawasan budaya tradisional Indonesia, yang merupakan kelanjutan perkem­bangan intelektual Islam.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (3)

Karena itu, secara sosiologis, di ling­kungan masyarakat Islam, khususnya di kalangan masyarakat santri, ulama mempunyai posisi yang sangat penting. Mereka menjadi pusat dalam hubungan Islam dengan umat Islam lainnya.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Hal ini disebabkan dari perspektif keagamaan, secara ideal ulama diang­gap sebagai pewaris Nabi (waratsah al-anbiya’), untuk meneruskan tugas dan fungsinya di dalam risalah kenabiannya di hadapan umat manusia. Sehingga ulama/kiai ditempatkan pada hirarki sosial yang tinggi dalam komunitas muslim. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.