Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (7)

Rabu, 25 Agustus 2021 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Namun diakui, konsep-konsep sosial dan politik yang semula merupakan terjemahan langsung dari kaidah nilai dan konsep keagamaan mulai bergeser ke arah konsep sosial dan politik yang didasarkan pada kepentingan sosial-ekonomi yang bersifat praktis dan pragmatis. Dengan demikian, fungsi dan kedudukan ulama dan elit santri lainnya mulai berubah.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (6)

Perkembangan ini tentu berpengaruh pula pada dunia politik santri. Karena secara struktural hampir sebagian besar kelompok-kelompok dari dunia politik santri itu tinggal di kota atau paling tidak telah dipengaruhi oleh budaya kota, maka corak keIslaman yang dibawanya jelas dipengaruhi oleh suasana struktural seperti itu.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (5)

Sejak itulah, struktur dunia politik santri terbagi dalam dua bagian besar: Islam dengan corak kota di satu sisi, dan Islam dengan corak desa di sisi lain. Corak pertama sebagian ditandai oleh sikap yang lebih terbuka terhadap budaya Barat. Sedangkan, corak kedua ditandai oleh sikap yang relatif lebih tertutup dari budaya Barat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.