Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (34)

Mengenal Ormas Islam di AS: IMAAM Center

Jumat, 17 Mei 2019 12:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - IMAAM Center adalah pusat kegiatan umat Islam Indonesia di AS, khususnya di tiga negara bagian (beltway) Washington DC, Maruland, dan Virginia. 

IMAAM adalah lembaga non-profit, didirikan tahun 1995 di Maryland. Alamat pertama IMAAM Center sebelum sekarang pindah ke Washington DC, yaitu di 1611 Veirs Mill Road, Rockville, MD20851. Penulis hafal betul alamat ini karena pernah menghuni Center ini dari tahun 2004-2005. Saat ini IMAMM Center pindah ke alamat baru, di Washington DC, tepatnya di: 9100 Georgia Ave., Silver Spring, MD20910. Alamat baru ini semula sebuah gereja yang dibeli oleh komunitas Indonesia dengan bantuan pemerintah Indonesia.

Baca juga : Mengenal Ormas Islam di AS: American Muslim Council (AMC)

IMAAM Center saat ini bukan hanya menjadi pusat kegiatan komunitas muslim Indonesia di Beltway tetapi juga dimanfaatkan oleh komunitas muslim yang berasal usul dari negara-negara lain. Bahkan IMAAM Center juga menjadi Public Center untuk komunitas muslim secara umum yang ada di sekitarnya untuk melaksanakan beberapa kegiatan, seperti akad nikah atau perkawinan, aqikah, dan kegiatan keumatan lainnya. 

IMAAM Center salah satu kebanggaan komuntas Indonesia di jantung AS. Silver Spring di Washington merupakan daerah paling strategis dan merupakan salahsatu jalan protokol utama di kota ini. IMAAM Center semula di Maryland meskipun terdiri atas dua rumah sudut tetapi masih terasa sangat terbatas untuk menampung sekitar 10.000 komunitas Indonesia di kawasan itu. 

Baca juga : Mengenal Ormas Islam di AS: Zaituna Institute

IMAAM Center yang baru dengan luas pekerangan dan lahan parkir juga masih terasa sempit pada hari-hari tertentu. Akhirnya komunitas dan pengurus IMAAM Center membeli properti di sekitarnya untuk menambah space dan fasilitas guna mewadahi berbagai kegiatan komunitas muslim di sana. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :