Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (34)

Mengenal Ormas Islam di AS: IMAAM Center

Jumat, 17 Mei 2019 12:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Di antara kegiatan IMAAM Center selain sebagai pusat peribadatan, juga berfungsi untuk madrasah, yakni sekolah non-formal untuk anak-anak Indonesia yang ingin mempelajari dan memahami agama Islam, karena di sekolah-sekolah formal di seluruh level di ASpelajaran agama tidak diajarkan di sekolah. Di IMAAM Center ini diajarkan pelajaran membaca dan memahami isi dan kandungan Al-Qur’an dan pelajaran keagamaan lainnya. 

Para orang dewasa juga disediakan pengajian reguler dan intensif bagi mereka yang ingin mengisi waktu luangnya untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara kompre hensif. Ibu-ibu juga memanfaatkan IMAAM Center untuk menyelenggarakan arisan dan kursus-kursus keterampilan yang bisa mendatangkan provit. 

Baca juga : Mengenal Ormas Islam di AS: American Muslim Council (AMC)

IMAAM Center juga menjadi sarana interfaith dialog. Center ini bukan hanya didatangi oleh orang-orang Islam tetapi juga sering dilakukan dioalog dan diskusi terbuka antara warga muslim dan non muslim untuk membicarakan hal-hal yang penting mengenai kelangsungan hidup aman dan damai di AS. 

Kegiatan-kegiatan sosial lainnya ialah menyediakan bantuan hukum bagi warga Indonesia yang membutuhkan perlindungan hukum. Demikian pula jika ada keluarga muslim meninggal atau di rawat di rumah sakit dan membutuhkan pertolongan, maka salah satu divisi dari IMAAM Center berusaha menggalan bantuan untuk warga yang tertimpa musibah. Mungkin juga ada masalah keimigrasian sebagaimana banyak dialami warga Indonesia di AS, IMAAM Center juga mempunyai divisi khusus untuk itu. 

Baca juga : Mengenal Ormas Islam di AS: Zaituna Institute

Kehadiran IMAAM Center dirasakan sangat banyak manfaatnya oleh komunitas masyarakat Indonesia di sana. IMAM Center ini juga menjadi bagian dari diplomasi Indonesia di AS. Pemerintah AS, apalagi Washingto DC, sebagai pusat pemerintahan AS, sering mengunjungi IMAM Center ini. Kita juga sering diminta untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan baru pemerintah ASmelalui berbagai kegiatan yang dilakukan. Selamat kepada IMAAM Center.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :