Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siapa Kelompok Radikal Itu?(2)

Rabu, 6 Oktober 2021 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok radikal ini bisa menolerir berbagai cara dalam memperjuangkan tu­juannya, termasuk cara-cara teroris dan bunuh diri serta cara-cara keras lainnya.

Baca juga : Siapa Kelompok Radikal Itu?(1)

Ciri-ciri kelompok radikal antara lain: 1) Berusaha men­cari pengaruh dan simpati di dalam masyarakat luas dalam rangka mem­perkenalkan ideologi mereka. Gerakan-gerakan kemanusiaan mereka galakkan, seperti terlibat di dalam kelompok advokasi dan bantuan terhadap kelom­pok-kelompok yang berkepentingan, seperti memerikan bantuan terhadap korban gempa bumi. 2) Mengklaim kelompoknya sebagai kelompok paling benar, sedangkan kelompok lain dinilai keliru dan sesat. 3) Secara eksplisit atau implisit kelompok ini memiliki niat dan kecenderungan untuk mengubah negara bangsa menjadi negara agama. Intensitas perjuangannya tergantung situasi yang dihadapannya. 4) Berupaya mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi mereka. 5) Ada usaha untuk meng­ganti NKRI dengan konsep Khilafah. Nasionalisme dianggap tidak sejalan dengan ajaran Islam yang difahaminya sebagai ajaran yang bersifat universal, tidak bisa dijinakkan oleh kultur dan ideologi lokal. 6) Pola keberagamaan mereka biasanya bersifat ekslusif, baik pakaian, prilaku, pertemanan, maupun dalam menjalankan praktek ritual kea­gamaan. 7) Dalam memilih teman atau relasi usaha dan perjuangan biasanya sangat selektif.

Baca juga : Apical Group Gelar Kompetisi Foto di Instagram

Karakteristik perjuangan mereka juga eksklusif, seperti tidak toleran yakni kurang menghargai penda­pat dan keyakinan orang lain; fanatik yakni selalu merasa benar sendiri; menganggap orang lain salah; eksk­lusif yakni membedakan diri dari umat Islam umumnya, dan menganggap diri dan kelompoknya sebagai barometer orisinalitas ajaran agama Islam; revolu­sioner yakni cenderung menggunakan cara-cara kekerasan dalam mencapai tujuan. Kelompok ini terkenal sangat ulet, tabah, dan mandiri di dalam mem­perjuangkan misinya. Meskipun jumlah mereka kecil tetapi sangat militan dan seringkali melakukan tindakan nekat dan seperti tidak mengenal rasa malu atau tenggang rasa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.