Dewan Pers

Dark/Light Mode

Siapa Menikmati Subsidi Pupuk?

Senin, 6 September 2021 08:36 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana
Pengamat politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Secara implisit ada dugaan subsidi pupuk selama ini merugikan pemerintah, karena hanya membawa keuntungan kepada produsen pupuk. Oleh sebab itu, sebaiknya cabut saja subsidi pupuk. Dana subsidi yang luar biasa jumlahnya sebaiknya diberikan langsung kepada petani yang membutuhkan pupuk.

Berita Terkait : Tunda Dulu Ambisi Ekspor Beras (2/Selesai)

Begitu kata Jusuf Kalla ketika masih menjabat Wakil Presiden RI. Tatkala itu, pemerintah dikabarkan sedang mengkaji serius wacana penggantian subsidi pupuk dengan pemberian subsidi langsung kepada petani.

Berita Terkait : Tunda Dulu Ambisi Ekspor Beras (1)

Subsidi pupuk bisa dianalogikan dengan bansos, bantuan sosial kepada rakyat miskin. Karena sering terjadi tindak korupsi pada bansos, bahkan seorang Menteri Sosial berhasil diciduk dan dihukum 12 tahun karena terlibat dalam kejahatan bansos.

Berita Terkait : Renungan Atas Jatuhnya Kabul

Karenanya, Pemerintah SBY tempo hari memberikan bantuan itu langsung kepada rakyat yang berhak dalam bentuk BLT, melalui kantor pos. Maka, tertutup rapatlah celah-celah korupsi pada pemberian bansos. Syahdan sekitar tiga minggu lalu ada webinar berjudul provokatif: “Siapa Yang Menikmati Subsidi Pupuk?” Tertarik dengan judul seperti itu, saya menyempatkan diri hadir dalam webinar yang diselenggarakan oleh beberapa petinggi HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia).
 Selanjutnya