Dark/Light Mode

Kutukan Aji Pancasona

Senin, 1 November 2021 06:28 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Masalah justru timbul ketika Dewi Sukesi jatuh hati kepada Begawan Wisrawa begitu melihat ketampanannya. Dewi Sukesi lupa kalau Wisrawa seharusnya sebagai calon mertua. Rupanya Wisrawa tidak bertepuk tangan sebelah. Wisrawa melakukan hubungan layaknya suami istri dengan Sukesi hingga hamil dan melahirkan empat orang anak. Keempat anak perkawinan Wisrawa dengan Sukesi yakni; Rahwana, Kumbakarna, Sarpakenaka, dan Gunawan Wibisana.

Baca juga : Tumpulnya Nurani Duryudana

Danapati marah mendengar kabar bapaknya telah mengawini Dewi Sukesi. Dengan pasukan lengkap, Danapati ngluruk ke Alengka untuk membuat perhitungan dengan Wisrawa. Pertempuran anak dan bapak dapat dicegah oleh Dewa Narada. Begawan Wisrawa memilih bertapa hingga ajalnya di tepi sungai Gangga. Rahwana ingin balas dendam kepada Danapati karena dianggap telah mempermalukan bapaknya.

Baca juga : Berdirinya Padepokan Sokalimo

Rahwana berguru kepada Resi Subali untuk mendapatkan Aji Pancasona. Karena Danapati memiliki Aji Rawarontek. Konon satria yang memiliki Rawarontek tidak bisa mati oleh senjata apa pun. Kekuatan Rawarontek hanya dapat ditandingi oleh Pancasona. Kesalahan Resi Subali yaitu memberikan ajian Pancasona kepada Rahwana yang bukan semestinya. Akibatnya bencana dan malapetaka akibat aji Pancasona terjadi di mana-mana.

Baca juga : Resesi Pascapandemi

“Aji Pancasona menebar teror di mana-mana, Mo,” sela Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Kekuatan besar memerlukan tanggung jawab besar. Sepertinya halnya dampak perubahan iklim akibat pemanasan global. Perubahan iklim dapat merusak keseimbangan alam. Kalau kita tidak berperan aktif untuk menurunkan emisi karbon maka bencana alam yang lebih dahsyat tinggal menunggu waktu,” ucap Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.