Dark/Light Mode

Nasib Bupati Kuningan Ditentukan 1 Bulan Lagi

Acep Purnama : Saya Sudah Datang Ke Bawaslu, Jujur Saya Khilaf

Jumat, 22 Februari 2019 13:53 WIB
Nasib Bupati Kuningan Ditentukan 1 Bulan Lagi Acep Purnama : Saya Sudah Datang Ke Bawaslu, Jujur Saya Khilaf

 Sebelumnya 
Jadi aneh jika kepala desa tidak mendukung Jokowi? 
Tidak, itu mah ungkapan saya saja lantaran saya berkewajiban memotivasi teman-teman untuk bergerak memenangkan capres 01. 

Memangnya suara sejumlah kepala desa di daerah Anda untuk paslon capres-cawapres nomor berapa? 
Ada di mana-mana kok. Pun saya tidak pernah mengarahkan untuk memilih paslon manapun. Artinya, saya tidak akan ucapkan secara langsung, kecuali saya berhadap-hadapan. 

Baca juga : Jokowi: Saya Pertaruhkan Jabatan & Reputasi Saya Untuk Negara

Anda sebagai kader PDIP yang menjadi bupati, dibolehkan mengkampanyekan capres-cawapres 01?
Oh itu saya berkewajiban, tapi saya harus mengkampanyekan di jam-jam tertentu, waktu tertentu, di luar jam kerja, khususnya hari libur boleh. 

Dengan ungkapan Anda yang seperti itu, artinya masih ada kepala desa yang tidak memilih capres-cawapres 01? 
Penekanannya adalah pembangunan desa yang berhasil atas kebijakan pusat, sinergitas dan sebagainya. Ini pun pernyataan responsif. 

Baca juga : Nurbaya Sudah Perintahkan Kepala Daerah Siaga Karhutla

Pernyataan Anda itu jadi panjang... 
Ya, mungkin karena momentumnya sedang seperti ini (Pilpres 2019). Wajar dan saya memaklumi ada yang tersinggung. Tapi kan saya sudah menyampaikan permohonan maaf, bahwa itu khilaf. Saya berharap, semua memaafkan dan memaklumi untuk kondusifitas Kabupaten Kuningan. 

Kasus ini sedang diproses Bawaslu Jawa Barat. Tanggapan Anda? 
Saya sudah datang ke Bawaslu dua hari lalu. Bawaslu menunaikan tugasnya dengan baik kok. Saya jujur mengakui ada kekhilafan, tapi saya juga sebagai kader partai punya kewajiban (untuk mengkampanyekan nomor 01). 

Baca juga : Muhammad Fathoni : Dukung Capres, Tak Ada Arahan Pak Ahok

Terlebih, saya hadir di acara itu sebagai kader partai dan undangan. Apalagi, acara tersebut untuk satu tujuan dari tim akar rumput salah satu tim pemenangan paslon 01. Kebetulan saat itu hari libur, Sabtu dan pernyataan yang saya sampaikan tentang desa untuk semangat meme-nangkan capres-cawapres 01. 

Apa ada tekanan untuk memenangkan 01 di Kuningan? 
Tidak ada. Hanya saja, sebagai kader partai memang begitu. seba-gaimana halnya kepala daerah dari partai lain pun pasti begitu. Saya yakin kok begitu. Tapi yang terpenting, saya tidak menjelekkan paslon-paslon maupun partai-partai yang mendukung atau mengusung. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.