Dark/Light Mode

BPN Prabowo Menuduh-nuduh

USMAN KANSONG : Kalau Sudah Melapor Bawaslu, Tunggu Hasilnya

Selasa, 23 April 2019 11:59 WIB
BPN Prabowo Menuduh-nuduh USMAN KANSONG : Kalau Sudah Melapor Bawaslu, Tunggu Hasilnya

 Sebelumnya 
TKN juga menemukan dugaan kecurangan? 
TKN kalau menemukan, pasti langsung melaporkan, setelah itu baru membukanya. Misalnya kemarin, dalam jumpa pers kami sampaikan, bahwa ada kesalahan data dalam input dari BPN, pada real count mereka di Lampung dan Jakarta. Ini rilisnya juga lagi kami bikin, jadi kami akan sampaikan secara terbuka. Nggak tahu manipulasi atau apa sampai bisa begitu, tapi itu mungkin bukan kecurangan, mungkin hanya kesalahan input. Kami nggak mau menuduh sembarangan. 

Sudah ada dugaan kecurangan yang dilaporkan TKN? 
Ada, misalnya kami hari ini melaporkan salah satu anggota KPU yang mempunyai keluarga dekat di BPN. Itu kami laporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Kenapa kami laporkan, karena dia nggak declare sejak awal, bahwa dia punya keluarga dekat di BPN. Kami khwatir ada konflik kepentingan. Kalau begitu, ke DKPP. 

Baca juga : Fahri Hamzah: Kalau Dia Selesai, Bahaya

Contoh lain? 
Lalu ada lagi di Malaysia, yang salah satu anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) berpihak ke pasangan calon nomor urut 02. Setelah kami mengetahui hal itu, langsung saja kami laporkan ke DKPP. Kami memang begitu, kalau ada kecurangan ya dilaporkan, dan biarkan mekanisme yang ada berjalan, bukan berkoar-koar. 

Ada temuan lainnya? 
Contoh lainnya itu kasus di Sidney, Australia, dimana banyak orang yang nggak bisa memilih. Itu juga sudah kami laporkan ke DKPP. Kalau temuan lainnya, saya belum tahu ya. 

Baca juga : Syafruddin : Kalaupun Ada Jual Beli Jabatan, Hanya Sedikit

Fokus TKN sekarang? 
Sekarang kami masih melakukan tabulasi. Kami masih harus melihat seperti apa kondisi di lapangan, apakah ada dugaan kecurangan yang sistematis dan terstruktur dan sebagainya. Kalau kasus yang sudah ada, ya kami timbang-timbang, apakah akan dilaporkan atau tidak. 

Dugaan kecurangan yang ditemukan TKN, sejauh ini ada berapa dan bentuknya seperti apa? 
Banyak, contohnya yang tadi saya sebutkan, yaitu dugaan keberpihakan PPLN di Malaysia, dan dugaan keberpihakan anggota KPU yang punya keluarga di BPN. Kalau untuk jumlah persisnya berapa banyak, saya nggak tahu, karena saya nggak pegang datanya. [NDA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.