Dark/Light Mode

Ini Dia, 7 Makanan Imlek Pengundang Keberuntungan, Ada Ikan Kukus Ada Jeruk Keprok

Sabtu, 21 Januari 2023 11:35 WIB
Ikan kukus, selalu jadi menu utama dalam setiap perayaan Imlek. (Foto: Asian Food Network)
Ikan kukus, selalu jadi menu utama dalam setiap perayaan Imlek. (Foto: Asian Food Network)

 Sebelumnya 
4. Kue beras ketan (Nian Gao)

Kue beras ketan (年糕 Niángāo /nyen-gaoww/) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek. Pengucapan katanya terdengar seperti "terus meningkat dari tahun ke tahun".

 

Makanan ini terbuat dari ketan, gula, kastanye, kurma China, dan daun teratai.

5. Bola nasi manis (Tangyuan)

Ini adalah makanan utama untuk Festival Lentera China. Tapi, di wilayah selatan China, orang memakannya selama Festival Musim Semi.

Baca juga : Untuk Menang Pertarungan, PDIP Siapkan Langkah Baru

 

Pengucapan (汤圆 Tāngyuán /tung-ywen/) dan bentuk bulat tangyuan dikaitkan dengan kebersamaan keluarga, kumpul bersama, atau reuni. Itu sebabnya mereka disukai oleh orang China saat perayaan Tahun Baru Imlek.

6. Mie panjang umur

Mie panjang umur (长寿面 Chángshòu Miàn /chung-show myen/) dimaknai sebagai keinginan untuk panjang umur. Panjang bentuk dan persiapannya yang tidak terputus, juga menjadi simbol dari kehidupan pemakan. Ini adalah makanan keberuntungan yang dimakan saat Imlek di China Utara.

 

Baca juga : Sore Ini, PSS Sleman Kejar Keberuntungan Lawan Pesut Etam

Bentuk mie jenis ini, lebih panjang dari mie normal dan tidak dipotong. Mie panajng umur dapat digoreng, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk isi kaldu.

7. Buah-buahan

Buah-buahan tertentu yang dimakan selama Imlek antara lain adalah  jeruk keprok, jeruk, dan pomelo. Buah-buahan ini dipilih karena bentuknya yang sangat bulat dan berwarna "emas", sehingga dimaknai sebagai lambang keutuhan dan kekayaan. Namun pelafalannya, lebih mengandung arti keberuntungan.

Bahasa China untuk jeruk (dan jeruk keprok) adalah (chéng /chnng/), yang terdengar sama dengan bahasa Cina untuk 'sukses' (成).

 

Baca juga : Pengunjung Mall Balikpapan Superblock Melonjak

Salah satu cara penulisan jeruk keprok (桔 jú /jyoo/), juga mengandung karakter Cina untuk keberuntungan (吉 jí /jee/).

Makan pomelo dianggap dapat membawa kemakmuran yang terus-menerus. Bahasa Cina untuk pomelo (柚 yòu /yo/) terdengar seperti kata 'memiliki' (有 yǒu), kecuali nadanya, dan persis seperti 'lagi' (又 yòu).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.