Dark/Light Mode

Bareng Adhyaksa Dault, Ahmad Dhani Ngobrolin 30 Tahun Dewa 19 Berkarya

Jumat, 16 September 2022 21:56 WIB
Foto: YouTube AdyhaksaDaultChannel.
Foto: YouTube AdyhaksaDaultChannel.

RM.id  Rakyat Merdeka - Grup band legendaris papan atas Dewa 19 kini telah memasuki usia ke-30 sejak berkarir di dunia musik Indonesia. Memperingati momentum itu, Dewa 19 menggelar konser musik bertajuk 'Konser Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya' di Jakarta International Stadium (JIS) pada 12 November 2022 mendatang.

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani, menceritakan soal gelaran ini dalam podcast di kanal YouTube Adhyaksa Dault Channel, yang tayang hari ini, Jumat (16/9).

Selain soal Dewa 19, Ahmad Dhani dan Adhyaksa Dault juga banyak membahas banyak hal lain. Mulai dari sejarah, hingga persoalan politik.

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga periode 2004-2009 ini memulai pertanyaan tentang kisah Dewa 19 yang dianggapnya sebagai "legenda hidup" saat ini.

Baca juga : SBY Ngobrolin Lukisan Hingga Presidensi G20

"30 tahun Dewa 19, apa yang menginspirasi Mas Dhani bisa terjun ke dunia musik?," tanya Adhyaksa Dault.

"Sebenarnya 30 tahun itu dihitung dari pertama kali dewa berkarir, kalau umurnya Dewa itu 35 tahun karena Dewa 19 dibentuk 1987 saat kelas 3 SMP. Jadi 30 tahun itu dihitung semenjak keluar album pertama Dewa 19 itu Oktober 1992," jawab Ahmad Dhani, dikutip dari podcast AdhyaksaDaultChannel, Jumat (16/9).

Dia menjelaskan, tahun ini Dewa 19 akan merayakan 30 tahunnya dengan menggelar konser di beberapa kota. Ayah dari Al, El dan Dul itu juga membuka rahasia bagaimana Dewa 19 bisa sukses dan tetap eksis di blantika musik Tanah Air hingga hari ini.

Rupanya, Ahmad Dhani mengaku tak memiliki banyak bakat di bidang musik. Tapi, bakatnya adalah mencermati dan meresapi fenomena, yang menurutnya dapat dijadikan inspirasi.

Baca juga : Demokrat Mandiri Tanpa SBY

Salah satunya, menyerap inspirasi dari Queen, grup musik rock dari Britania Raya yang dibentuk tahun 1970 di London. Band yang dimotori Fredy Mercury dan Brian May ini, yang menginspirasi kelahiran dan gaya bermusik Dewa 19.

"Jadi rupanya saya tuh bakatnya bukan di musik. Saya bakat menangkap fenomena. Jadi saya suka sama Band Queen, lalu apa sih fenomena Queen, lalu saya ejawantahkan semuanya ke dalam Dewa 19," tutur suami Mulan Jameela ini.

Dewa 19 berhasil mengambil intisari Wuren dan menuangkannya ke dalam musik Dewa 19. "Sehingga hampir semua kesuksesan Queen itu berdampak pada karir Dewa 19," imbuh Ahmad Dhani.

"Itu mas otodidak, atau dari orangtua barangkali?," tanya Adhyaksa Dault.

Baca juga : Naik Haji Tahun Ini, Semoga Terlaksana

"Otodidak dong. Nggak ada, orang tua ya bisa main piano, main gitar bisa. Orang tua saya kan anggota DPR tahun 1966," jawabnya.

"Jadi saya itu ya itu tadi baru tau setelah usia 50 tahun ini, bakat saya itu bukan musik tapi bakat saya itu sebenarnya mengambil intisari dari satu ekosistem, entitas yaitu band Queen sehingga saya bisa mengambil fenomenanya," sambung Ahmad Dhani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.