Dark/Light Mode

Kolesterol Penyebab Penyakit Jantung Koroner? Ini Tips Menghindarinya

Jumat, 20 Januari 2023 16:58 WIB
Ilustrasi freepik. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi freepik. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain itu, menurut Hatta kadar kolesterol juga bisa meningkat karena asupan makanan seperti gorengan, susu, keju, sampai daging.

Hatta membagikan cara mencegah penyakit jantung koroner. Ada beberapa cara untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit jantung koroner, sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi obat

Pencegahan penyakit jantung koroner, salah satunya dengan menurunkan angka kolesterol. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan minum obat untuk menurunkan kolesterol LDL dalam darah.

Baca juga : Flu Unta, Penyakit Yang Bikin Inggris Pelototi Warganya Yang Balik Dari Qatar

Kolesterol yang tinggi biasanya tidak selalu memberikan tanda atau gejala tertentu. Diperlukan pemeriksaan kolesterol untuk mengetahui dengan pasti kadar kolesterol dalam darah.

Pemberian obat kolesterol, menurut Hatta harus sesuai anjuran dokter karena disesuaikan dengan tinggi rendahnya kadar kolesterol.  

2. Menjalankan perilaku hidup sehat

Tak hanya dengan meminum obat, cara lain untuk pencegahan penyakit jantung koroner adalah dengan menjalankan perilaku hidup sehat, diantaranya menjaga berat badan tetap ideal dengan menjalankan pola makan yang seimbang.

Baca juga : Sebuah Karya Sangat Rentan Dicuri Di Ruang Digital, Ini Cara Menghindarinya

Konsumsi daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit serta ikan. Juga menghindari konsumsi gorengan, makanan berpengawet, batasi konsumsi gula setiap harinya, dan berhenti merokok.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sejumlah sayuran juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Beberapa sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli memiliki kadar serat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mengurangi risiko Anda dalam penyakit jantung koroner.

Baca juga : Lestari: Gerakan Pola Hidup Sehat Penting Cegah Penyakit Kronis

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga memiliki kadar serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung yaitu apel, anggur, tomat, dan jeruk.

Hatta menambahkan, selain itu mulailah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Lakukan medical check up (MCU) setiap tahun, terutama jika Anda berasal dari keluarga penderita penyakit jantung.

"Semakin cepat mengetahui faktor risiko penyakit jantung, semakin cepat Anda bisa mengambil tindakan untuk mencegah penyakit jantung," pungkas Hatta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.