Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kolesterol Penyebab Penyakit Jantung Koroner? Ini Tips Menghindarinya

Jumat, 20 Januari 2023 16:58 WIB
Ilustrasi freepik. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi freepik. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyakit jantung koroner sangat berhubungan dengan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Bahaya utama dari kolesterol yang tinggi adalah terbentuknya plak yang memperkecil diameter pembuluh darah sehingga menyebabkan terhambatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh.

Berita Terkait : Flu Unta, Penyakit Yang Bikin Inggris Pelototi Warganya Yang Balik Dari Qatar

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru, dr. Muhammad Hatta, Sp.JP mengatakan, kolesterol adalah jenis lemak yang dibuat di hati dan ditemukan pada makanan hewani.

Kolesterol memiliki sejumlah manfaat yang diperlukan oleh fungsi tubuh, seperti membangun dinding sel, melindungi jaringan saraf dan membantu proses pembentukan hormon.

Berita Terkait : Sebuah Karya Sangat Rentan Dicuri Di Ruang Digital, Ini Cara Menghindarinya

Menurutnya ada dua jenis yaitu kolesterol, kolesterol baik yang berguna bagi tubuh biasa disebut HDL (High Density Lipid) sedangkan kolesterol jahat, disebut dengan istilah LDL (Low Density Lipid).

Lebih lanjut Hatta menerangkan, kadar kolesterol yang tinggi dan menempel dalam dinding pembuluh darah akan menimbulkan aterosklerosis yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Berita Terkait : Lestari: Gerakan Pola Hidup Sehat Penting Cegah Penyakit Kronis

"Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tak sehat, seperti pola makan tidak seimbang, kurang gerak, merokok atau terpapar asap rokok, dan kelebihan berat badan yang membuat produksi kolesterol naik melebihi kebutuhan tubuh," ujar Hatta dalam keterangannya pada RM.id, Jumat (20/1).
 Selanjutnya